Pengaruh Persepsi Kualitas, Kesadaran Merek, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Transportasi Online Gojek di Kelurahan Kota Baru Bekasi Barat
Abstract
Penggunaan transportasi online di Indonesia setiap tahun semakin meningkat, salah satu jenis
transportasi online di Indonesia adalah Gojek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
persepsi kualitas, kesadaran merek, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan transportasi
Gojek. Populasi pada penelitian ini adalah warga Kelurahan Kota Baru Bekasi Barat, berusia diatas 17
tahun yang pernah menggunakan jasa layanan transportasi Gojek dengan minimal 2 kali penggunaan.
Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 170 orang. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif. Dalam pengelolaan data peneliti menggunakan Analisa data SmartPLS versi 4.1. Hasil yang
diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan
terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna aplikasi transportasi online gojek. Kesadaran merek
berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna aplikasi transportasi online gojek.
Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna
aplikasi transportasi online gojek. Adapun konstribusi variabel bebas terhadap variabel terikat adalah
sebesar 53%. Sisanya sebesar 47% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini
seperti variabel Harga dan Promosi.