ANALISIS WILINGNESS TO PAY WISATAWAN TERHADAP OBYEK WISATA RUMAH BOLON PURBA DI KABUPATEN SIMALUNGUN

  • Darwin Damanik
  • Liharman Saragih
Keywords: Nilai Ekonomi, Willingness to Pay, Travel Cost Method, Barang Kebudayaan, Rumah Bolon Purba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai ekonomi, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kunjungan
wisatawan lokal dan nilai willingness to pay (WTP) dari obyek wisata Rumah Bolon Purba di Kabupaten Simalungun.
Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 90 responden wisatawan lokal dari 10 zona di sekitar obyek
wisata Rumah Bolon Purba dengan menggunakan simple random sampling. Hasil dari penelitian ini adalah (1). Nilai
ekonomi Rumah Bolon Purba dengan menggunakan travel cost method sebesar 162.682.257,90 per tahun; (2). Variabel
pendapatan individu (x2) dan jarak (x3) berpengaruh signifikan terhadap jumlah kunjungan wisatawan lokal di Rumah
Bolon Purba; (3). Nilai WTP maksimum dengan menggunakan travel cost method sebesar Rp. 33.330,23.

Published
2018-02-02