PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEBAK KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SDN PASAR KEMIS II KABUPATEN TANGERANG

  • Mira Pebriani
  • Asih Rosnaningsih
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Tebak Kata, Kemampuan Menulis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata terhadap kemampuan menulis
bahasa Inggris siswa kelas V SDN Pasar Kemis II tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group pretest-postest. Data yang
dikumpulkan untuk menjawab pertanyaan penelitian yaitu data hasil pretest dan posttest kemampuan menulis
dari siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pemberian tes yaitu tes kemampuan menulis dengan
teknik essai. Perlakukan (treatment) yang diberikan adalah model pembelajaran tebak kata pada kelas
eksperimen, sedangkan kelas kontrol tidak belajar dengan model pembelajaran tebak kata. Hasil penelitian ini
menunjukkan: Hasil skor rata-rata posttest kemampuan menulis siswa kelas eksperimen adalah 71,00 sedangkan
skori rata-rata posttest kemampuan menulis siswa kelas kontrol adalah 53,00. Dari hasil penelitian tersebut
menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata memberikan pengaruh pada kemampuan
menulis siswa.

Published
2018-02-02