STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMASARKAN PRODUK CEMILAN KERUPUK SINGKONG SAMILER “SAMIJALI” DI UKM EKS LOKALISASI DOLLY

  • Ira Ningrum Resmawa
Keywords: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Keripik Singkong, Dolly

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan strategi komunikasi pemasaran UKM Eks
Lokalisasi Dolly dalam memasarkan produk Cemilan Kerupuk Singkong Samiler. Penelitian ini menggunakan
teori SMCR (Source, Media, Channel, Receiver). Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan
menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari UKM
Eks Lokalisasi Dolly dengan teknik penarikan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dan Accidental
Sampling, kemudian wawancara, dokumentasi serta referensi yang berkaitan dengan penelitian. Strategi
Komunikasi Pemasaran UKM Eks Lokalisasi Dolly dalam Memasarkan Produk Cemilan Kerupuk Singkong
Samiler adalah dengan menerapkan elemenelemen Bauran Pemasaran (4P Marketing Mix) yaitu harga (price),
produk (product), tempat (place) dan promosi (promotion) yang dipadukan dengan elemenelemen Bauran
Promosi (Promotional Mix) yaitu iklan (advertising), penjualan tatap muka (personal selling), promosi penjualan
(sales promotion), publisitas (publicity) dan pemasaran langsung (direct marketing).

Published
2018-01-30