FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA Y.A.I.

  • Estu Mahanani
  • Bida Sari
Keywords: motivasi, kreativitas, inovasi, minat berwirausaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel motivasi, kreativitas dan inovasi terhadap
minat berwirausaha. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan metode penelitian asosiatif interaktif. Populasi
penelitian adalah seluruh mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Universitas Persada Indonesia Yayasan Administrasi
Indonesia (UPI-Y.A.I.) Jakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling
sebanyak 50 responden yaitu mahasiswa/i FE UPI-Y.A.I. semester akhir yang pernah mendapatkan mata kuliah
kewirausahaan. Analisa data penelitian kuantitatif yang mencakup analisis korelasi, analisis determinasi dan
analisis regresi linear berganda (simultan), serta uji hipotesis yang menggunakan uji-t dan uji-F (ANOVA).
Pengolahan data dilakukan dengan program SPSS 17.0 for windows diperoleh nilai koefisien korelasi r = 0,856.
Koefisien determinasi r2 = 0,714 artinya kontribusi variabel motivasi, kreativitas dan inovasi terhadap variasi
minat berwirausaha sebesar 71,4% dan sisanya sebesar 28,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Persamaan regresi
diperoleh Ŷ = 1,362 + 0,360 X1 + 0,377 X2 + 0,529 X3. Berdasarkan uji ANOVA (Uji F) disimpulkan bahwa
motivasi, kreativitas dan inovasi berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha dan berperan
aktif terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UPI Y.A.I. Model regresi hasil penelitian
ini terbukti benar dan layak digunakan untuk peramalan.

Published
2018-01-30