PERANCANGAN APLIKASI NAVIGASI PETA DENGAN ENGENALAN SUARA MENGGUNAKAN PENDEKATAN AGILE PROCESS DENGAN MODEL EXTREME PROGRAMMING BERBASIS ANDROID

  • Yudi Irawan Chandra
Keywords: Navigasi Peta, Pengenalan Suara, gile Proses, Extreme Programming, Android

Abstract

Sebuah peta dalam bentuk kertas dapat memberikan informasi mengenai lokasi yang dituju seseorang. Namun seiring
dengan kemajuan teknologi, peta kertas mulai tergantikan oleh peta dalam format digital. Tidak seperti pada peta kertas yang
dapat terlipat, memuai atau sobek ketika disimpan, peta digital dapat dikembalikan ke bentuk asalnya kapanpun tanpa
ada penurunan kualitas. Selain itu, peta digital lebih mudah diperbaharui. Penyuntingan untuk keperluan perubahan data atau
perubahan sistem koordinat misalnya, dapat lebih mudah dilakukan menggunakan perangkat lunak tertentu.
Dengan adanya perkembangan teknologi informasi saat ini yang sangatlah pesat sehingga penerapan teknologi
informasi dapat dimanfaatkan pada kehidupan manusia. Salah satu teknologi Sistem Operasi yang berkembang pesat saat ini
adalah Android. Sistem operasi Android adalah sistem operasi berbasis Linux untuk smartphone yang menyediakan platform
terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan suatu aplikasi.
Extreme Programming merupakan salah satu model yang ada dalam pendekatan Agile Process (pengembangan
perangkat lunak jangka pendek). Extreme Programming mencoba meningkatkan efisiensi dan fleksibilitas melalui berbagai
prinsip dan teknik praktis pengembangan perangkat lunak. Berdasarkan hal tersebut penulis mencoba membuat aplikasi
navigasi dan informasi peta menggunakan pengenalan suara melalui model Extreme Programming. Aplikasi ini
diharapkan dapat membantu mempermudah pengguna dalam melakukan pencarian lokasi dan rute dari suatu tempat ke
tempat lain yang ingin dituju dan dapat diakses melalui ponsel atau tablet berbasis Android.

Published
2018-02-02