Peran Bussines Intelligence Dalam Menentukan Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru

  • Ika Kurniawati
  • Richardus Eko Indrajit
  • Muh. Fauzi
Keywords: Bussines intelligence, clustering, k-means, strategi promosi

Abstract

Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal (ISTA) menggunakan sistem penerimaan mahasiswa baru online
berusaha untuk menarik siswa-siswi SMA dan sederajat untuk menjadi mahasiswa di ISTA. Permasalahan yang
terjadi adalah masih besarnya persentase calon mahasiswa yang tidak melakukan registrasi ulang padahal
sudah
dinyatakan lulus seleksi sehingga target kuota mahasiswa baru tidak tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk
melakukan mengelompokan data mahasiswa ke dalam beberapa cluster berdasarkan kemiripan dari data tersebut.
S
ehingga data mahasiswa yang memiliki karakteristik yang sama dikelompokkan dalam satu cluster dan yang
memiliki karakteristik berbeda dikelompokkan dalam cluster yang lain, dengan memanfaatkan proses data mining
yaitu metode smart clustering k-means. Sistem Bussines inteligence pada penelitian ini berperan untuk
meningkatkan keunggulan kompetitif institusi melalui pendayagunaan berbagai data, informasi dan pengetahuan
yang dimiliki oleh institusi sebagai bahan dalam proses pengambilan keputusan. Metode yang digunakan adalah
CRISP-DM dengan proses business understanding, data understanding, data preparation, modeling, evaluation
dan deployment. Pengujian dilakukan menggunakan tool RapidMiner 7.3 untuk membantu menemukan hasil yang
akurat untuk memecahkan masalah tersebut. Hasil dari penelitian ini digunakan sebagai salah satu dasar
pengambilan keputusan untuk menentukan strategi promosi berdasarkan cluster yang terbentuk oleh pihak
marketing ISTA.

Published
2018-02-02