RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK DETEKSI PENGENALAN TANAMAN OBAT BERBASIS ANDROID

  • Rizal Efendi Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: Tanaman, Android, Augmented Reality, Unity, Marker

Abstract

Di zaman sekarang ini teknologi berkembang sangat pesat. Teknologi membantu manusia dalam
mempelajari hal yang baru seperti teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi ini memungkinkan
pengguna menampilakan informasi berupa suara dan gambar kedalam dunia nyata melalui kamera.
Teknologi ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk menampilkan informasi yang lengkap
mengenai tanaman. Dari banyaknya jenis tanamantidak semua masyarakat mengetahui informasi yang
jelas mengenai tanaman tersebut. Oleh karena itu, dirancang sebuah perangkat lunak yang edukatif,
aplikasi berbasis sistem operasi Android yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality sebagai
media untuk menyalurkan informasi tanaman. Penelitianakan membahas bagaimana aplikasi
menampilkan informasi tanaman berupa suara dan gambar pada kamera. Aplikasi ini menggunakan
Unity untuk memproses semua keperluan Augmented Reality dan menu antar muka. Setelah itu
dilakukan implementasi dan pengujian kemampuan aplikasi. Hasil implementasi menunjukkan
aplikasi telah dibuat sesuai dengan perancangan yang direncanakan. Pada pengujian aplikasi dilakukan
pengujian tiap fitur aplikasi dengan hasil pengujian dengan status berhasil.

Published
2019-11-13