PEMILIHAN TAMAN KANAK – KANAK DIWILAYAH JAGAKARSA DENGAN PROFILE MATCHING

  • Siti Khotijah
  • Dwi Marlina
  • Dewi Driyani
Keywords: kindergarden, profile matching, Unified Modeling Language, decision-making

Abstract

Taman kanak-kanak (TK) merupakan salah satu lembaga pendidikan anak usia dini dengan rentang usia
antara 4 (empat) tahun sampai dengan 6 (enam) tahun. Pendidikan di taman kanak kanak merupakan dasar
pendidikan untuk meningkatkan kemampuan motorik dan pengetahuan dasar agar memiliki persiapan untuk
memasuki pendidikan lebih tinggi.Dengan banyaknya taman kanak kanak diwilayah Jagakarsa mengakibatkan
orang tua sulit dalam memilih taman kanak - kanak yang sesuai dan tepat bagi anak-anaknya. Calon orang tua
murid akan diberikan kuasioner kriteria kriteria yang dibutuhkan dalam memilih taman kanak kanak. Taman
kanak kanak akan memberikan data data untuk bisa diolah untuk mengetahui sekolah yang dipilih calon orang
tua murid. Perancangan sistem untuk proses pemilihan taman kanak kanak akan digambarkan menggunakan
diagram UML (Unified Modeling Language). Metode yang digunakan untuk penelitian ini yaitu metode profile
matching. Dengan menggunakan metode profile matching diharapkan dapat membantu orang tua memberikan
informasi dan rekomendasi dalam memilih taman kanak - kanak berdasarkan kebutuhan dan kemampuan. Variabel
yang digunakan didalam profile matching ini adalah Jarak, Jumlah Pengajar, Fasilitas, Biaya, dan Akreditasi.
Pembagian core factor dalam metode profil matching adalah Jarak, Jumlah Pengajar, dan Fasilitas, sedangkan
untuk secondary factor adalah Biaya, dan Akreditasi. Untuk menggunakan 60% untuk core factor, dan 40% untuk
secondary factor. Hasil dari metode profile matching adalah urutan rangking sekolah Taman Kanak - Kanak yang
sudah dipilih oleh orang tua.

 

Published
2018-02-02