KARAKTERISTIK INDUSTRI JASA TRANSPORTASI BERBASISKAN ICT (STUDI KASUS GO-JEK)

  • Henni Bermawi
  • Ahmad Rosadi Universitas Persada Indoneisa
Keywords: Transportasi online, industry 4.0, Customer Relationship Management

Abstract

Industri jasa transportasi telah banyak yang memanfaatkan perkembangan Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK/ICT).Diantaranya Perusahaan Go-Jek, yaitu perusahaan transportasi online yang menawarkan
layanan transportasi, kirim makanan dan, atau kurir dengan tarif berbasis kilometer yang terjangkau. Dengan
memaksimalkan teknologi dan pelayanan pelanggan melalui sebuah web aplikasi, Go-Jek telah menjadi alternatif
kendaraan umum yang mampu mengakomodir kebutuhan para konsumen, yakni jasa pengantaran orang atau
barang yang murah, aman dan cepat. Sembilan teknologi yang ada di Industri 4.0 yang telah diterapkan GO-JEK
terdiri dari Big Data dan Analysis. Cybersecurity, The Cloud, System integration, Industrial Internet of Things,
Augmented reality. Penerapan strategi Customer Relationship Management (CRM) yang dilakukan oleh PT. GOJEK
Indonesia dilakukan dengan mengumpulkan data pelanggan melalui proses pengunduhan aplikasi GO-JEK
melaui smartphone

Published
2018-02-01