FENOMENA CASHLESS PADA PEMBENTUKAN GAYA HIDUP BARU GENERASI MILENIAL

  • Shahnaz Hazbiyah Universitas Paramadina
  • Eka Wenats Wuryanta Universitas Paramadina
Keywords: Financial Technology, Cashless, Gaya Hidup, Generasi Milenial

Abstract

Dunia industri kini memasuki era digitalisasi dimana segala sesuatunya bertumpu pada sistem jaringan internet.Termasuk di dalamnya adalah sektor ekonomi. Munculnya financial technology memberi warna baru pada sistem pembayaran di Indonesia yang kemudian  memunculkan istilah cashless society. Gopay adalah salah satu contoh financial technology yang telah banyak digunakan oleh masyarakat khususnya generasi milenial. Pembayaran non tunai yang juga terintegrasi dengan berbagai jenis layanan lainnya dianggap mempermudah kegiatan sehari-hari penggunanya. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif  dengan model case study secara spesifik menggunakan intrinsics case study untuk mengambil makna dan bagaimana makna tersebut mempengaruhi dan merubah perilaku manusia. Hal ini sejalan dengan strukturisasi dimana manusia berperan menjadi agen perubahan utama pada struktur social di masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa financial technology mampu merubah dan membentuk gaya hidup baru generasi milenial karena sifatnya yang praktis dan efisien sehingga sebagian besar generasi milenial lebih memilih menggunakan uang elektronik sebagai metode pembayaran utamanya ketimbang menggunakan uang kartal.

Published
2021-08-01