PENGARUH TERPAAN BERITA PETISI IKLAN SHOPEE VERSI BLACKPINK TERHADAP BRAND AWARENESS SHOPEE

  • Ratu Nadya Wahyuningratna Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Windhi Tia Saputra Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Keywords: beritapetisiIklan Shopee, Blackpink, SOR, brand awareness

Abstract

Beberapa waktu yang lalu, media sosial sempat dibuatramai dengan munculnya petisi berisikan penolakan terhadap penayangan iklan Shopee yang dibintangi oleh grup musik perempuan asal Korea yang bernama BLACKPINK. Petisi itu pertama kali dicetuskan oleh seorang wanita yang berprofesi sebagai dosen bernama Maimon Herawati. Melalui situs Change.org, Maimon Herawati mengalamatkan petisi tersebut kepada Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI dan Shopee.Viralnya pemberitaan petisi iklan Shopee ini banyak disorot oleh media-media berita online bahkan hingga diberitakan di salah satu media Korea yaitu The Korea Herald dan muncul di banyak berita media online. Sebut saja Tribunnews, detik.com, BBC Indonesia, dan masih banyak media online lainnya. Usai petisi   BLACKPINK ini menjadi viral, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI)  merespon dengan melayangkan peringatan keras kepada 11 stasiun televisi yang menayangkan iklan Shopee BLACKPINK dan acara Shopee Road to 12.12 Birthday Sale.

 

Penelitian ini sendiri di buat untuk mengetahui pengaruh dari terpaan berita petisi Iklan Shopee versi BLACKPINK tersebut terhadap brand awareness Shopee di Kalangan Masyarakat Kecamatan Karang Tanjung, Pandeglang Banten.Dalam penelitian ini, teori yang digunakan adalah teori S-O-R (Stimulus, Organism, Respon). Menurut stimulus response ini, efek yang ditimbulkan adalah reaksi khusus terhadap stimulus khusus, sehingga seseorang dapat mengharapkan dan memperkirakan kesesuaian antara pesan dan reaksi komunikan. Asumsi dasar dari model ini adalah media massa menimbulkan efek yang terarah, segera dan langsung terhadap komunikan.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif, karena penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antar variable yang telah dihipotesiskan. Yaitu untuk menentukan pengaruh terpaan berita petisi Iklan Shopee versi BLACKPINK terhadap brand awarenessShopee. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan KarangTanjung, Pandeglang Banten. Dari hasil uji signifikansi, dimana t hitung lebih besar dibanding kan t tabel (t hitung> t Tabel), maka dari hasil penelitian ini diketahui bahwa adanya pengaruh antara pemberitaan tentang iklan Shopee versi BlackPink terhadap Brand Awareness Shopee.

Published
2021-08-11