PENGARUH MEDIA TELEVISI SEBAGAI SARANA KAMPANYE ASI EKSLUSIF TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF
(Survei Pada Ibu Menyusui Bayi usia 0-6 bulan di Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi cakupan pemberian ASI eksklusif belum dapat mencapai target yang diharapkan yaitu 80%, betapa minimnya kampanye ASI yang dilakukan pemerintah, khususnya melalui media massai. Tidak sebanding dengan banyaknya iklan susu formula di televisi. Hal ini mengindikasikan Ibu Menyusui berkurang dalam pemberian ASI Eksklusif. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh media televisi sebagai sarana kampanye asi terhadap pengambilan keputusan pemberian asi eksklusif. Teori Kognisi Sosial untuk mengamati perilaku orang lain, termasuk perilaku tokoh di media, Pendekatan penelitian kuantitatif, tipe penelitian eksplanatif, dan metode survey. Populasi adalah seluruh Ibu Rumah Tangga yang memiliki bayi usia 0-6 bulan di Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, sampel penelitian 75 responden diambil dengan teknik total sampling. Teknik analisis data menggunakan korelasi dan analisis regresi dengan program SPSS 22. Hasil penelitian menujukkan bahwa secara parsial besar pengaruh televisi sebagai sarana kampanye ASI Eksklusif terhadap pengambilan keputusan pemberian ASI Eksklusif adalah 0.209 dan nilai thitung sebesar 2.186. Artinya semakin besar televisi sebagai sarana kampanye ASI Eksklusif maka semakin besar keputusan pemberian ASI Eksklusif.