The Influence of Trust, Perceived Value, and WOM Communication on Consumer’s Purchase Intention nn Beauty Treatment

  • Rahmadany Ayu Fitria Universitas Mercu Buana Jakarta
Keywords: Kepercayaan, Perceived Value, Komunikasi WOM

Abstract

Industri kosmetik di Indonesia merupakan salah satu industri yang memiliki persaingan ketat di Indonesia. Berdasarkan data International Euro Monitor of Marketing Research Company menyebutkan bahwa jumlah pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia lebih dari US$ 5 miliar dengan rata-rata 12% per tahun (Octama, 2013). Data yang didukung Kementerian Perindustrian ini menyebutkan, penjualan kosmetik secara nasional meningkat hampir 15% dari Rp 8,5 triliun pada 2011 menjadi Rp 9,76 triliun pada 2012. Konsumen mendapatkan informasi baik dari sumber non personal maupun personal. Informasi semacam itu pada akhirnya bertujuan untuk mempengaruhi orang pada niat pembelian mereka. Kepercayaan, nilai yang dirasakan dan komunikasi dari mulut ke mulut bisa menjadi faktor yang mempengaruhi orang pada niat pembelian mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Trust, Perceive Value, dan Word-of-Mouth Communication terhadap niat beli pada klinik kecantikan. Penelitian ini mengambil tempat di salah satu klinik kecantikan di Jakarta Selatan yang tidak memiliki iklan tetapi dapat menarik banyak orang di dalam kota bahkan luar kota untuk datang merasakan atau membeli perawatan dan produk kecantikan mereka. Partisipan dipilih dengan menggunakan metodologi sampling. 100 survei dibagikan kepada pasien di klinik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh masing-masing dimensi dari variabel Trust, Perceived Value, dan WOM Communication sangat berpengaruh terhadap niat beli perawatan kecantikan yang dilakukan di klinik Dr. Med Kun Jayanata.

Published
2022-04-25