Resepsi Khalayak Terhadap Kampanye Diet Kantong Plastik Pada Instagram @IDDKP

  • Risqi Inayah Dwijayanti Universitas Satya Negara Indonesia
  • Sandra Olifia Universitas Satya Negara Indonesia
  • Anika Wisahra Universitas Satya Negara Indonesia
Keywords: Kampanye PR, Instagram, Teori Resepsi

Abstract

Akun Instagram IDDKP Merupakan Lembaga non profit berbadan hukum perkumpulan yang memiliki visi untuk menjadikan Indonesia Bebas Kantong plastik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menjelaskan resepsi khalayak akun sosial media instagram @iddkp dalam memaknai pesan yang terdapat dalam konten yang didapat oleh para khalayak.Landasan Teori yang digunakan adalah Teori Resepsi dan menggunakan Landasan Konseptual Komunikasi, Media Sosial, Instagram, Kampanye dan Khalayak/Audience. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Paradigma Kontruktivis. Metode Analisis Resepsi. Menggunakan Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan FGD (Focus Group Discussion)Wawancara dan FGD Menunjukkan Bahwa setiap informan memberikan jawaban yang beragam sesuai dengan sudut pandang mereka. Terdapat Jawaban Dominan, Negosiasi dan Oposisi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa resepsi para informan terhadap Kampanye Diet Kantong Plastik Pada Akun Instagram IDDKP berada di posisi Negosiasi, dimana informan memberikan pandangan positif yang bersifat Umum, Namun terdapat beberapa bagian pesan yang tidak sejalan dengan pandangan informan.

Published
2022-12-13