REPRESENTASI KARAKTERISTIK GENERASI MILLENIAL PADA IKLAN SASA (MSG “MICIN SWAG GENERATION”) DI MEDIA YOUTUBE (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE)

  • Shindy Dwi Melati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Aan Setiadarma Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Aniek Irawati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Keywords: Representasi, Karakteristik, Generasi Millenial, klan, Youtube, Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas representasi karakteristik generasi millennial dalam iklan Sasa (MSG “Micin Swag Generation”) di Media Youtube dengan menggunakan analisis semiotika Ferdinand De Saussure. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan sumber data primer yaitu iklan Sasa (MSG “Micin Swag Generation”) dan data sekunder yaitu studi pustaka. Penulis menggunakan teknik analisis data semiotika FerdinandDe Saussure dengan mengumpulkan data dalam bentuk potongan scene yang terdapat pada iklan dan hasil data yang diperoleh akan di analisis dengan mencari makna denotasi dan konotasi yang ada dalam objek penelitian. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik generasi millennial dengan sebutan “generasi micin” dalam
iklan Sasa “Micin Swag Generation” ini ditemukan adanya hiperrealitas yang mensimulasi masyarakat mengenai dampak dari konsumsi micin. Karakteristik ini ditunjukkan dengan penanda (signifier) dan petanda (signified) yang ada pada scene iklan melalui kegiatan yang dilakukan, objek yang digunakan dan teks yang ditampilkan.

Published
2024-05-28