Proses Content Creator Radio dalam Membangun Brand Engagement

  • Arbi Cristional Lokananta Universitas Budi Luhur
Keywords: proses, content creator, Staradio, brand engagement

Abstract

Konvergensi media merupakan bentuk penggabungan media konvensional dengan media baru
untuk diarahkan dalam satu tujuan. Konvergensi media sangat berguna untuk kebanyakan orang
untuk mempermudah dalam memperoleh informasi dengan praktis dan biaya yang terjangkau
(tidak mahal). Perubahan format dari analog ke digital membuat beberapa media harus bekerja
keras karena mengingat tidak semua media lama bisa memiliki kekuatan untuk mengimbangi
perubahan-perubahan yang harus dihadapi di era new media ini. Menurut Huotari, dkk content
creator merupakan kegiatan dalam menyebarkan informasi yang ditransformasikan ke dalam
sebuah gambar, video dan tulisan atau disebut sebagai sebuah konten, yang kemudian konten
tersebut disebarkan melalui platform dan salah satunya adalah media sosial Instagram. Seiring
berjalannya waktu, kini content creator perlu memiliki keahlian khusus. Terlebih lagi, kini para
pengguna Instagram sudah menjadikan Instagram sebagai ladang berbinis, pembentukan product
branding, personal branding dan corporate branding. Peneliti mengadakan penelitian tentang
bagaimana content creator membuat konten sosial media milik Radio karena, konten di media
sosial sangat berperan penting dalam mempertahankan media konvergensi yaitu radio dengan
adanya konten di media sosial berperan penting dalam mempertahankan eksistensi di era digital.

Published
2024-04-01