Analisis Resepsi Terhadap Konten Flexing Pada Channel YouTube Rans Entertainment
Abstract
Saat ini salah satu konten di kanal YouTube yang sedang banyak menarik perhatian
adalah konten tentang flexing. Salah satu channel yang sering memamerkan barang atau mobil
mewah adalah Rans Entertainment, unsur flexing pada kanal YouTube Rans Enterteinment
kerap kali menarik perhatian para viewers atau pun pengikut Rans Entertainment itu sendiri.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis
resepsi dari Stuart Hall. Analisis resepsi khalayak yaitu memahami proses dalam penciptaan
makna yang dilakukan oleh khalayak saat mengkonsumsi media. Tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk mengetahui posisi khalayak menurut tiga posisi pembacaan milik Stuart Hall
terhadap konten flexing dalam kanal YouTube Rans Entertainment. Penelitian ini didukung
dengan teori encoding-decoding Stuart Hall. Teori encoding-decoding adalah proses khalayak
dalam mengkonsumsi dan memproduksi makna dalam proses penerimaan mengenai konten
media massa yang telah dikonsumsinya. Sebelum peneliti menentukan hasil, peneliti membuat
preffered reading yang telah dikategorikan menjadi 2, yaitu flexing materi dan flexing interaksi
sosia. Dari sini terdapat scene yang engacu pada posisi tersebut. Hasil dari penelitian mengacu
pada posisi khlayak stuart hall yang terdapat 3 posisi yaitu posisi dominan, posisi negosiasi,
dan posisi oposisi. didominasi oleh posisi oposisi yang mengacu pada tabel penempatan
informan yaitu para informan tidak setuju konten flexing yang memamerkan kekayaan berupa
materi maupun interaksi sosial Raffi Ahmad.