Representasi Kepemimpinan Kh. Ahmad Dahlan Dalam Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia Pada Film Sang Pencerah
Abstract
Kepemimpinan merupakan aspek penting dalam mengarahkan, memengaruhi, dan
menginspirasi orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Film Sang Pencerah (2010)
karya Hanung Bramantyo menampilkan sosok KH. Ahmad Dahlan sebagai pemimpin
visioner yang berupaya mereformasi pendidikan Islam melalui nilai humanistik,
ketangguhan, serta visi modern. Namun, representasi kepemimpinan dalam film masih
jarang dikaji dari perspektif manajemen dan transformasi sosial sehingga diperlukan telaah
akademik untuk memahami kontribusinya bagi model kepemimpinan kontemporer.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menjadikan film
sebagai data primer dan literatur akademik sebagai data sekunder. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Ahmad Dahlan menampilkan kepemimpinan transformasional
dengan mengintegrasikan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan
pengendalian, sehingga mampu membangun Muhammadiyah sebagai gerakan pendidikan
modern. Temuan ini menegaskan bahwa Sang Pencerah bukan sekadar media hiburan,
melainkan sarana refleksi sosial yang menunjukkan kepemimpinan sebagai ilmu sekaligus
seni.