https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/issue/feed Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi 2024-04-27T15:17:37+07:00 Ilona V. Oisina Situmeang ilonaoisina@yahoo.com Open Journal Systems https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/3484 Strategi Komunikasi Pemasaran Coffee Shop Blooming Bros Manual Brew Dalam Meningkatkan Konsumen Melalui Media Sosial Instagram 2024-04-27T15:17:37+07:00 Sari Nursyamsi sariendahn@gmail.com Nita Dewi nita.komala@dsn.ubharajaya.ac.id Destiana Marshelin destyana0312@gmail.com <p>Strategi Komunikasi Pemasaran Coffee Shop Blooming Bros Manual Brew Dalam Meningkatkan Konsumen Melalui Media Sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Coffee Shop Blooming Bros Manual Brew dalam meningkatkan konsumen melalui media sosial instagram. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dengan beberapa narasumber, observasi, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini terdiri dari pemilik dan konsumen dari Coffee Shop Blooming Bros Manual Brew. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran Coffee Shop Blooming Bros Manual Brew menggunakan bauran pemasaran seperti komunikasi pemasaran dan <em>digital marketing </em>dengan teori <em>social media marketing </em>berupa media sosial yang di implementasikan melalui instagram pada akun Coffee Shop Blooming Bros Manual Brew. Hal tersebut meliputi <em>online communities, sharing of content, credibility, interaction, accessibility</em>.</p> 2023-11-26T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/3486 Makna Lirik Lagu “Janji Jokowi” Oleh Jack Pataba dan Ipank tobaraka di Media Sosial YouTube 2024-04-27T15:17:14+07:00 Nasaruddin Siregar nasaruddin.siregar@dsn.ubharajaya.ac.id Jathayu Ramadhan jathayu.raihan.nur.ramadhan18@mhs.ubharajaya.ac.id Sari Nursyamsi Sari.endah@dsn.ubharajaya.ac.id <p>Makna Lirik Lagu “Janji Jokowi” oleh Jack Pataba &amp; Ipank Tobaraka di media sosial Youtobe (Analisis Semiotika Roland Barthes). Penelitian ini merupakan paradigma konstruktivisme dengan teori Semiotika Roland Barthes, merupakan upaya untuk memahami realita yang pernah di alami suatu individu/kelompok dan realita tersebut terbentuk alami dalam kehidupan sosial pada lirik lagu “Janji Jokowi oleh Jack Pataba dan Ipank Tobaraka”. Tujuan sebuah konstruktivisme memiliki kecenderungan bergantung pandangan tentang suatu fenomena yang berhubungan dengan penelitian, dimana individu mendapatkan pengalaman dalam realitas sama, konsep sebagai individu bisa melihat, mendengar atau merasakan suatu hal yang sama, akan tetapi tafsiran dan interpretasi dari tiap individu nya yang berbeda. Metode kepustakaan dikaji mendalam menganalisa data yang telah dikoleksi, dengan analisa simiotika Roland Bathes dimana Signifier dan signified, yang cukup penting dalam upaya menangkap hal pokok prinsip yang mengatakan bahwa Bahasa atau teks adalah suatu sistem tanda, dan setiap tanda itu tersusun dari dua bagian, yaitu penanda (Signifier) dan petanda (signified). Lirik lagu “Janji Jokowi oleh Jack Pataba dan Ipank Tobaraka” sebuah konsep mengingatkan atas janji Jokowi saat kampanye, atas kenaikan harga-harga dan tidak bisa direalisasikan secara utuh, sehingga menimbulkan budaya dan mitos di masyarakat dalam mengeskpresikan, menyatakan, dan menyampaikan pendapatnya dengan tanda-tanda yang telah terjadi, bagian dari sebuah sistem konvensi, sistem kesepakatan dan merupakan bagian dari sebauh sistem tanda.</p> 2023-11-26T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/3487 Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kalangan Mahasiswa Upn "Veteran" Jakarta 2024-04-27T15:16:52+07:00 Khairunisa Putri 2310413078@mahasiswa.upnvj.ac.id Amanda Ilmi 2310413046@mahasiswa.upnvj.ac.id Nia Ayu 2310413058@mahasiswa.upnvj.ac.id Devira Egistin 2310413062@mahasiswa.upnvj.ac.id Hermina Manihuruk hermina@yahoo.co.id Prima Yuliani primadwiyuliani@upnvj.ac.id Rahmi Meldayati rahmi.meldayati@upnvj.ac.id Ilona Oisina ilonaoisina@yahoo.com <p>Artikel ini disusun untuk melihat bagaimana kenyataan yang dialami mahasiswa UPN "Veteran" Jakarta dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk mengetahui peluang apa saja yang bisa diraih dari adanya Kurikulum Merdeka Belajar pada mahasiswa serta tantangan apa saja yang dihadapi saat mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar. Hal ini dimaksudkan agar dapat membantu pemerintah dalam menganalisis apakah kurikulum ini memang efektif dan efisien untuk meningkatkan mutu pendidikan guna mewujudkan Indonesia Emas 2045. Adapun metode yang digunakan peneliti dalam memperoleh hasil data yaitu dengan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan dan survei Google Form yang nantinya dijabarkan secara deskriptif. Hasil data yang diperoleh yaitu berupa pandangan mahasiswa mengenai sosialisasi dari kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar yang dirasa sudah merata, efektivitas, serta hambatan yang dialami mahasiswa UPN "Veteran" Jakarta dalam beradaptasi serta peluang apa yang dihasilkan kurikulum ini. Terakhir, peneliti memperoleh data mengenai pandangan Mahasiswa UPN "Veteran" Jakarta mengenai fleksibilitas yang ditawarkan oleh Kurikulum Merdeka Belajar dalam memilih pembelajaran berdasarkan minat dan bakat, yang sebagian besar mendukung adanya fleksibilitas tersebut.</p> 2023-11-26T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/3488 Peran Digital Content Di Instagram Dalam Membentuk Brand Positioning Sustaination 2024-04-27T15:16:30+07:00 Senopati Wardhana ditaekowati246@gmail.com Sri Ekowati ditaekowati246@gmail.com <p>Kini semakin banyak orang-orang yang sudah menerapkan gaya hidup berkelanjutan. Hal ini membuat banyaknya <em>social enterprise </em>dibidang <em>sustainablity </em>juga memiliki kompetitor. Berdasarkan fenomena tersebut, Peneliti memilih judul mengenai <em>Digital Content </em>di Instagram dalam Membentuk <em>Brand Positioning </em>Perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana sebuah <em>Content </em>di Instagram dapat membentuk <em>brand positioning </em>sebuah perusahaan sehingga perusahaan memiliki pembeda dari kompetitornya. Peneliti menggunakan Teori <em>Brand Buildind </em>dan konsep <em>Digital Content Marketing. </em>Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu, wawancara dengan 3 informan, observasi, dokumentasi, serta studi kepustakaan. Keabsahan data yang dilakukan oleh Peneliti yaitu dengan Triangulasi Sumber Sustaination melalui digital konten di Instagram @Sustaination telah berperan dalam membentuk <em>brand positioning </em>Sustaination (PT. Lingkar Hijau Indonesia) sebagai Sustainable E-Commerce yang menjual produk ramah lingkungan melalui konten-konten di Instagram @Sustaination yang dinilai para Informan sebagai konten yang menarik, relevan, dan juga interaktif bagi <em>followers </em>yang khususnya memiliki ketertarikan terhadap gaya hidup <em>sustainability </em>dan mengikuti akun Instagram @Sustaination.</p> 2023-11-26T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/3489 Pengaruh Penempatan Produk Kopiko (Merek Lokal) Pada Drama Korea Vincenzo Terhadap Sikap Penonton Indonesia 2024-04-27T15:16:04+07:00 Cindy Sitorus cindyfs@upnvj.ac.id Aan Setiadarma aansetiadarma@upnvj.ac.id Ratu Mulia ratulaurambp@yahoo.com <p>Penempatan produk Kopiko (produk asli Indonesia) pada drama Korea Vincenzo banyak dibicarakan di media sosial, salah satunya media sosial Twitter. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pergeseran strategi periklanan dengan menggunakan penempatan produk yang diterapkan pada drama Korea. Penelitian berfokus pada bagaimana sikap positif penonton Indonesia setelah melihat adanya penempatan merek lokal dalam program televisi Korea Selatan. Untuk menganalisis penelitian ini digunakan model AISAS. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat pengaruh antara penempatan produk Kopiko (merek lokal) pada drama Korea Vincenzo sebesar 24% terhadap sikap penonton Indonesia, tetapi aspek konatif pada sikap penonton Indonesia pada penelitian ini belum terlihat. Peneliti menyarankan peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lebih mendalam mengenai variabel atau faktor- faktor lain yang belum diteliti dengan sudut pandang yang berbeda.</p> 2023-11-26T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/3502 Reinterpretasi Budaya Tabu Pada Perkembangan Musik K-Pop 2024-04-27T15:15:40+07:00 Wijayanti wijayanti21866@gmail.com Susi Yunarti susiyunarti@gmail.com Dian Harmaningsih harmaningsihdian@gmail.com <p>Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan budaya tabu yang menemukan pemaknaan baru dalam penerapannya dengan mengamati perkembangan industri musik K-Pop yang telah banyak mengembangkan budaya baru pada Masyarakat lokal maupun global. Data untuk menyusun artikel ini didapatkan dengan melakukan pengamatan pada penayangan program musik TV Korea dan platform media sosial melalui kanal You Tube dan Video part streaming. Hasilnya disajikan dalam bentuk dokumentasi untuk dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil temuan menunjukan adanya hal-hal tabu yang tidak lagi di anggap tabu dan tetap mengembangkan budaya positif dan mampu menjaga citra positif artis K-Pop. Dan peran Televisi masih sangat besar dalam perkembangan industri musik terutama untuk edukasi proses melalui figur-figur artis K-Pop.</p> 2023-12-04T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/3503 Pengaruh Terpaan Pemberitaan Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi 2024-04-27T15:15:17+07:00 Velantin Valiant velantin_yai@hotmail.com Syarifuddin S Gassing udinsg@gmail.com <p>Saat ini media banyak melakukan transformasi ke media sosial salah satunya media TV Kompas, dimana media ini sudah memiliki media sosial Instagram Kompas.tv untuk memberikan informasi kepada followers. Dalam penelitian ini meneliti tentang seberapa besar pengaruh terpaan pemberitan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi? (Survey Pada Follower @Kompas.tv). Adapun dalam penelitian ini menggunakan terori uses and gratification, dengan variabel X Terpaan pemberitaan dan variabel Y Pemenuhan Kebutuhan Informasi. Adapun dalam penelitian ini menggunakan paradigma penelitian positivism, pendekatan penelitian dengan kuantitatif, sifat penelitian eksplanatif dan metode penelitian survey. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah followers @Kompas.tv dengan menggunakan rumus sampel didapatkan sampel sejumlah 100 followers, dengan Teknik penarikan sampel purposive sampling. Hasil yang diperoleh terdapat hubungan sangat kuatsebesar 0,807 yaitu terdapat hubungan yang kuat antara terpaan pemberitaan Terhadap Pememnuhan Kebutuhan informasi.</p> 2023-12-04T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/3515 Strategi Komunikasi Pemandu Wisata Trekking Sentul Dalam Melayani Wisatawan Di Desa Karang Tengah, Kabupaten Bogor 2024-04-27T15:14:56+07:00 Khina Rahmawati khina.januar@upi-yai.ac.id Meisyanti meisyanti@upi-yai.ac.id <p>Dalam bidang pariwisata terdapat pihak yang biasa disebut dengan <em>tour leader, tour guide</em> atau pemandu wisata. Strategi komunikasi merupakan hal dasar yang perlu disusun untuk kemudian diaplikasikan dalam suatu organisasi ataupun masing-masing individu agar tujuan yang mereka maksud dapat tersampaikan dengan baik. Dengan adanya strategi komunikasi yang pemandu wisata susun dari menjadi komunikator yang kredibel, menyusun pesan yang mudah dimengerti, atau bahkan dengan menggunakan media untuk mempermudah menyampaikan pesan tersebut tentunya hal ini dilakukan agar para wisatawan mengerti dan mendapatkan kepuasan saat melakukan perjalanan wisata trekking. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengidentifikasi strategi komunikasi pemandu wisata trekking Sentul dalam melayani wisatawan di Desa Karang Tengah, Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa strategi komunikasi pemandu wisata trekking dalam melayani wisatawan dilihat dari komponen komunikasi sudah tersusun dan berjalan dengan baik. Agar lebih baik lagi diperlukan peningkatan kompetensi keahlian pemandu wisata trekking dan konsistensi menerapkan strategi komunikasi yang dilakukan berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) keamanan dan kenyamanan wisatawan. Dalam pelaksanaan strategi ini juga diperlukan monitoring dan evaluasi serta sinergi dengan pemangku kepentingan lainnya termasuk di bidang pemerintahan dan kebencanaan alam yang berada di sekitar area lokasi trekking.</p> 2023-12-13T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023