Pelatihan E-Commerce Dan Social Media Bagi Pelaku Umkm Desa Bojongcae, Lebak, Banten Dalam Situasi Pandemi Covid-19

  • Sugianto Sugianto
  • Ullya Vidriza
  • Nani Ariani
Keywords: UMKM, Manajemen Pemasaran, e-commerce

Abstract

Keberadaan UMKM memiliki dampak yang besar bagi perekonomian suatu negara dalam
penyerapan tenaga kerja, di Indonesia sekitar 89,2 % dari total tenaga kerja pada tahun 2016 dan
bahkan ketika krisis moneter melanda Indonesia pada tahun 2008, UMKM merupakan salah satu
faktor yang dapat membangkitkan kembali perekonomian. Pada tahun 2020 ketika bencana
pandemi global yaitu Covid-19 melanda Indonesia, sektor UMKM cukup terguncang. Berdasarkan
laporan yang diperoleh dari Kementrian Koperasi dan UKM ada sekitar 37.000 yang terdampak
cukup serius akibat pandemi ini. Dari hasil laporan menunjukkan rata-rata dari UMKM tersebut
mengalami penurunan penjualan, aspek pembiayaan, pendistribusian barang dan memperoleh
bahan baku. Dari permasalahan yang dihadapi diperlukan pengembangan usahanya dan sangat
membutuhkan peran dari pemerintah. Hal ini dapat dilakukan dengan pendekatan pembinaan,
seperti diketahui bahwa saat ini berada pada era industri 4.0, dimana segala aktivitas sehari-hari
sangat bergantung kepada penggunaan teknologi internet. Perkembangan internet mendukung
kemajuan di segala aspek termasuk transaksi usaha dan bisnis, sebagai contoh adalah penggunaan
e-commerce dan social media yang digunakan oleh pelaku usaha dalam meningkatkan penjualan
dan mengembangkan usahanya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan pada para
pelaku UMKM, khususnya pelaku UMKM yang mengalami kesulitan di tengah pandemic Covid-
19. Kegiatan ini berlokasi di wilayah desa Bojongcae, kecamatan Cibadak, Lebak, Banten. Dari
data yang diperoleh, tercatat ada 15 UMKM yang bergerak di bidang kerajinan kayu, kerajinan
logam/logam mulia, dan kerajinan makanan. Untuk membantu para pelaku UMKM tersebut,
dilakukan beberapa rangkaian kegiatan yaitu pelatihan dan pengaplikasian e-commerce dan social
media dalam transaksi jual beli, serta workshop tentang bisnis baru yang cocok dijalankan pada era
New Normal. Adapun output dari kegiatan ini adalah para pelaku UMKM dapat menggunakan ecommerce
dan social media dalam kegiatan jual beli. Dari hasil evaluasi dan temuan, maka dapat
disimpulkan bahwa program pengabdian kepada masyarakat memberikan tambahan wawasan
pengetahuan tentang konsep e-commerce dan social media sehingga menambah penghasilan bagi
pelaku UMKM

Published
2021-10-31