Pemberdayaan Guru Dengan Postural Control Dan Critical Learning Dalam Pembelajaran Online

  • Jerry Maratis
  • Alfian Alfian
  • Mulyo Wiharto
  • Ainur Rosyid
Keywords: Pemberdayaan guru, postural control, critical learning, pembelajaran online

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk pemberdayaan guru dengan
memberikan edukasi dan penerapan postural control yang baik dan menambah
wawasan terhadap evaluasi pembelajaran online, serta dengan penambahan
edukasi konsep critical learning, senam rhythmic auditory stimulation (RAS) dan
senam otak. Lingkup pengabdian masyarakat ini dikhususkan pada guru-guru di
SMPIT Ummul Quro Depok. Kegiatan yang dilakukan meliputi edukasi dan
praktik dengan postural control dan critical learning, evaluasi pembelajaran online
dan senam RAS dan senam otak. Metode pelaksanaan kegiatan yang dilakukan
meliputi edukasi, praktik dengan pendampingan senam RAS dan senam otak.
Evaluasi kegiatan yang digunakan adalah aspek pengetahuan dan keterampilan.
Kemampuan guru-guru dalam memahami materi dan mempraktikkan senam RAS
dan senam otak didapat hasil 90% para guru dapat memahami materi yang
diberikan oleh penyaji dan dapat mempraktikkannya dengan baik dengan nilai
rata-rata dari nilai 60 saat pre-test menjadi 80 saat post-test. Kesimpulan PKM ini
adalah adanya peningkatan pengetahuan postural control, critical learning dalam
pembelajaran online, dan keterampilan para guru tentang senam RAS dan senam
otak

Published
2021-10-31