Meningkatkan Bauran Pemasaran UMKM Pada Kondisi New Normal Melalui Workshop Sistem Daya Saing

  • MB Nani Ariani
  • Alfatih S.M Alfatih S.M
  • Marlina Marlina
Keywords: Workshop system daya saing, 4 P, New Normal

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini termotivasi dari banyaknya UMKM
daerah kami yang kesulitan dalam aspek pemasaran. Berdasarkan kondisi di atas,
perlu ada upaya yang dilakukan untuk membantu pelaku UMKM bangkit dan
meningkatkan kembali kegiatan usahanya agar produktivitas dan omzetnya secara
perlahan-lahan akan meningkat lagi. Untuk itu, Tim Pengabdian Kepada
Masyarakat dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional
Veteran Jakarta (UPNVJ) yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa membantu
pelaku UMKM khususnya di Kelurahan Benda Baru,Pamulang Kota Tangerang
Selatan dengan kegiatan Workshop system daya saing Program abdimas yang
kami laksanakan ini bersifat komprehensif untuk memberikan dorongan kepada
masyarakat dan UMKM. Tujuan program ini supaya bisa menciptakan 'Job
creation', agar pelaku usaha mikro bisa ditampung, dan diberi workshop-workshop.
Nantinya pelaku UMKM yang sudah memenuhi kriteria naik kelas bisa terus
berkembang. Di sisi lain, sesungguhnya new normal ini diharapkan menjadi
momentum untuk peluang baik bagi pelaku usaha lokal untuk bangkit dan maju.
Tujuan Pengabdian Masyarakat ini adalah : (1) Untuk mengembangkan,
meningkatkan jiwa kewirausahaan, kepercayaan dan kemandirian yang tinggi. (2)
Untuk meningkatkan pengetahuan pemasaran barang kebutuhan dasar UMKM (3)
Untuk membantu UMKM memahami marketing mix yang terdiri 4 P (Product,
Price, Place, Promotion). Agar dapat meningkatkan daya saing dalam menjalani
kehidupan bisnisnya.

Published
2021-10-31