Peningkatan Ketrampilan Dan Kompetensi Guru Dan Karyawan Sekolah Melalui Pelatihan Microsoft Office 365

  • Nur Syamsiyah
  • Mira Febriana Sesunan
  • Endang Ayu Susilawati
  • Yahya Yahya
  • Eka Yuni Astuty
  • Eva Novianti
Keywords: kompetensi, word, spreadsheet, presentasi, demonstrasi

Abstract

Sejak pemerintah mengumumkan darurat virus korona, sekolah ditutup dari kegiatan
belajar mengajar tatap muka menjadi program belajar jarak jauh (PJJ). Sejak saat itu, kami
telah menyaksikan peran besar teknologi dalam mewujudkan kegiatan pendidikan di masa
pandemi. Pandemi COVID-19 telah berdampak diberbagai sektor ekonomi dan sosial tanah
air, termasuk sektor pendidikan.
Penggunaan program aplikasi manajemen DAPODIK dengan program spreadsheet
dalam penerapannya dapat membantu guru-guru membuat laporan data peserta didik setiap
tahunnya. Program aplikasi pengolah kata dapat digunakan untuk administrasi dan
manajemen korespondensi dan pembelajaran di lingkungan sekolah. Program aplikasi
presentasi dapat digunakan untuk menuangkan materi yang akan dijelaskan kepada siswa.
Sehubungan dengan hal tersebut dan dalam rangka mewujudkan salah satu Tri Dharma
Perguruan Tinggi yaitu pemberdayaan masyarakat, program studi Sistem Informasi
Universitas Darma Persada mengadakan program pelatihan bagi guru-guru dan karyawan
sekolah yang terdekat dengan lingkungan kampus. Pelatihan aplikasi Microsoft Office 365,
dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di lingkungan sekolah
sejalan dengan program pengembangan profesi guru dan karyawan.
Hasil kegiatan bertujuan untuk a. Memberikan solusi implementasi media
pembelajaran di tengah pandemi COVID-19. b. Meningkatkan kompetensi pendidik dalam
penguasaan teknologi dan kemampuan untuk berbagi pengetahuan dengan sesama pendidik
di lingkungannya. c. Memberikan solusi kemudahan pendidik dalam melakukan tugastugas
manajemen.

Published
2021-10-31