Strategi Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Melalui Konsep Pemasaran Berdasarkan Nilai

  • Andyan Pradipta Utama Universitas Mercu Buana
  • Fitri Nurulafiah Universitas Mercu Buana
  • Widiastuti Alawiah Universitas Mercu Buana
Keywords: Kata kunci: Pemasaran berdasarkan nilai, Marketing Mix, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan memperkenalkan konsep pemasaran yang
berorientasi pada peningkatan nilai pada setiap produk yang ditujukan kepada konsumen. Ditengah kondisi Pandemi
Covid-19 saat ini dimana daya beli masyarakat menurun, banyak masyarakat yang terkena PHK dan kemudian
menekuni usaha sendiri, adanya kemudahan pemasaran digital membuat banyak sekali bermunculan pengusahapengusaha baru. Banyaknya pengusaha baru yang bersaing ketat dengan pengusaha yang sudah ada ditambah adanya
daya beli masyarakat yang menurun tentunya membuat masyarakat semakin selektif dalam membeli suatu produk
dimana konsumen akan membeli suatu produk yang dirasakan memiliki nilai lebih (value) dibandingkan produk
pesaing. Strategi pemasaran berdasarkan nilai merupakan konsep yang dapat berkembang berdasarkan kebutuhan
yang ada pada konsumen dan peluang yang dapat diciptakan oleh produsen. Secara sederhana pelatihan ini bertujuan
agar masyarakat sebagai pelaku usaha menyadari bahwa pemasaran berdasarkan nilai melihat pada peluang-peluang
yang dapat dikembangkan sehingga meningkatkan kepuasan konsumen dimana kepuasan konsumen dapat
meningkatkan loyalitas pelanggan. Dalam kegiatan ini dijelaskan bagaimana Marketing Mix dapat dijadikan panduan
untuk melihat secara detail nilai yang dapat ditingkatkan. Secara keseluruhan peserta mengerti konsep pemasaran
berdasarkan nilai dengan menggunakan alat ukur Marketing Mix, namun belum mampu mempratekkannya secara
nyata dan terinci. Diperlukan penyertaan secara berkesinambungan dalam memberikan pelatihan sampai peserta
mampu mempraktekannya.

Published
2022-10-31