Pelatihan Pemograman Dengan Aplikasi Scratch Untuk Mengenalkan Keterampilan Berpikir Komputasional Bagi Guru-Guru SD di Gugus III Kecamatan Tilatang Kamang

  • Erwinsyah Satria
  • Hendrizal Hendrizal
  • Daswarman Daswarman
  • Yulfia Nora
  • Ira Rahmayuni Jusar

Abstract

Guru SD perlu dilatih untuk bisa menguasai keterampilan abad 21 yang dibutuhkan dalam mengajar
siswa SD, diantaranya keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan pemograman (ICT). Untuk itu penulis perlu
berbagi ilmu pengetahuan pada para guru agar dapat mengenal dan menerapkan keterampilan pemograman
dasar untuk bisa berpikir secara komputasional, yang nanti bisa mereka gunakan dalam pembelajaran
mereka di kelas. Salah satunya dengan memberikan pelatihan pemograman blok dengan aplikasi Scratch
kepada para guru SD di wilayah Gugus III Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam dengan
membuat satu proyek pemograman dengan aplikasi Scrath yang bisa digunakan nantinya oleh mereka
sebagai salah satu media pembelajaran. Pelatihan yang dilakukan mendapat sambutan yang cukup baik dari
para guru yang hadir dan mereka menyatakan aplikasi yang dipraktekkan sangat cocok untuk diterapkan
dalam mengajar dan digunakan oleh anak SD serta mereka sangat berminat sekali untuk dapat nantinya
menerapkannya pada siswa mereka dalam pembelajaran di kelas masing-masing.

Elementary teachers need to be trained to be able to master the 21st century skills needed in teaching
elementary students, including critical thinking, creative, and programming (ICT) skills. For this reason,
the authors need to share knowledge with teachers so they can recognize and apply basic programming
skills to be able to think computationally, which they can later use in their learning in class. One of them is
by providing block programming training with the Scratch application to elementary school teachers in the
Cluster III area, Tilatang Kamang District, Agam Regency by creating a programming project with the
Scrath application which they can later use as a learning medium. The training that was carried out
received a fairly good response from the teachers present and they stated that the applications practiced
were very suitable to be applied in teaching and used by elementary school children and they were very
interested in being able to later apply them to their students in learning in their respective classes.

 

Published
2023-10-18