Strategi Membangun Kesadaran Merek Dalam Mencapai Keberlanjutan Bisnis

  • Andyan Pradipta Utama
  • Sandro Sihaloho
  • Suci Novia Nabila
Keywords: kesadaran merek, kepuasan, loyalitas, : Marketing based on value, Marketing Mix, Customer Satisfaction, Customer Loyalty

Abstract

Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk membuka wawasan
pengusaha UMKM tentang pentingnya konsumen menyadari keberadaan atau eksistensi adanya
merek yang dijual oleh pemasar. Ditengah kondisi pasca pandemi Covid-19 saat ini dimana
perekonomian belum pulih sepenuhnya, daya beli masyarakat masih menurun, banyak masyarakat
yang kemudian menekuni usaha sendiri, ditambah dengan adanya kemudahan pemasaran digital
membuat banyak sekali bermunculan pengusaha-pengusaha baru. Banyaknya pengusaha baru yang
bersaing ketat dengan pengusaha yang sudah ada ditambah adanya daya beli masyarakat yang
menurun membuat masyarakat semakin selektif dalam membeli suatu produk. Terdapat
kecenderungan konsumen akan memilih produk yang telah dikenal baik melalui pengalaman
menggunakan produk maupun berdasarkan informasi yang diperoleh melalui berbagai sumber.
Konsumen lebih cenderung loyal dengan membeli produk dari merek terkenal karena mereka
merasa lebih nyaman dan menganggap merek yang sudah dikenal lebih dapat diandalkan, tersedia,
lebih mudah ditemukan, dan kualitasnya tidak diragukan lagi. Pelatihan ini dirancang untuk
menyadarkan masyarakat sebagai pelaku bisnis bahwa konsumen tidak akan memandang merek
suatu perusahaan jika dianggap buruk dan memiliki reputasi buruk di pasar sehingga diperlukan
strategi yang betul-betul matang agar merek bisa dikenal oleh banyak orang. Kesadaran konsumen
pada suatu merek diharapkan dapat meningkatkan kepuasan dan meningkatkan loyalitas konsumen.
Secara keseluruhan diharapkan peserta mengerti pentingnya konsep dan strategi kesadaran merek
(brand awareness), namun belum mampu mempratekkannya secara nyata dan terinci. Diperlukan
penyertaan secara berkesinambungan dalam memberikan pelatihan sampai peserta mampu
mempraktekannya.

The implementation of Community Service aims to broaden MSME entrepreneurs' insights
about the importance of consumers being aware of the existence or existence of brands sold by
marketers. In the midst of the current post-Covid-19 pandemic conditions where the economy has
not fully recovered, people's purchasing power is still declining, many people then pursue their own
businesses, coupled with the convenience of digital marketing, many new entrepreneurs have
emerged. The large number of new entrepreneurs are competing fiercely with existing
entrepreneurs plus the declining public purchasing power has made people more selective in
buying a product. There is a tendency for consumers to choose products that are well known
through experience using the product or based on information obtained from various sources.
Consumers are more likely to be loyal by buying products from well-known brands because they
feel more comfortable and perceive familiar brands to be more reliable, available, easier to find,
and of unquestioned quality. This training is designed to make the community as a business person
aware that consumers will not perceive a company's brand if it is considered bad and has a bad
reputation in the market so that a really mature strategy is needed so that the brand can be
recognized by many people. Consumer awareness of a brand is expected to increase satisfaction
and increase consumer loyalty. Overall, participants are expected to understand the importance of
brand awareness concepts and strategies, but have not been able to practice them in a real and
detailed manner. Continuous participation is required in providing training until participants are
able to practice it

 

Published
2023-10-18