Integrasi Teknologi Untuk Memudahkan Partisipasi dan Transparansi Dalam Pelayanan Pasien Baksos Kemasyarakatan

  • Saefurrohman Saefurrohman
  • Novita Mariana
  • Teguh Khristianto
Keywords: penyedia jasa kesehatan, pemutakhiran, manajemen data pasien, transparansi, pertanggungjawaban.

Abstract

Proses pelaksanaan Program Bakti Sosial Kemasyarakatan (PBSK) melibatkan antara
penyedia jasa kesehatan bermitra dengan organisasi kemasyarakatan, instansi atau yang ingin
bermitra dan bekerjasama. Kendala yang ditemui dalam pelaksanaan PBSK antara lain penyajian
dan pengolahan manajamen data pasien yang belum adanya pemutahkhiran data mulai dari jumlah,
urutan antrian dan kapan pasien ditangani, sehingga PBSK maupun pengelola dapat mempersiapkan
peralatan, pendukung pelaksanaan dan tim yang bisa ditugaskan, ditambah transparansi,
akuntabilitas serta informasi PBSK belum terlihat secara langsung di tempat pelaksanaan.
Pemanfaatan Google Form sebagai pintu utama interaksi antara calon pasien dan mediator PBSK
dapat menjembatani pengolahan dan pengelolaan pasien hingga pelaksanaannya. Pemutakhiran data
diolah oleh admin pelaksana dengan mengirimkan ucapan aktivasi, disusul informasi berikutnya
berupa urutan dan waktu yang ditentukan menjadi solusi efektif, dimana pasien dapat dengan tenang
dan yakin urutan, waktu dan kepastian keikursertaan program PBSK. Berikutnya laporan detil tersaji
dan terapdet di laman resmi PBSK sebagai transparansi dan pertanggungjawaban pelaksana.

Published
2023-10-18