Peningkatan Produktivitas Dan Edukasi Pemanfaatan Sosial Media Bagi UMKM Di Perumahan Benda Baru, Pamulang

  • Nani Ariani
  • Ullya Vidriza
  • Sugianto Sugianto
Keywords: Edukasi, Sosial Media, Kewirausahaan, Education, Social Media, Entrepreneurship

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki dampak yang signifikan bagi
perekonomian suatu negara, UMKM telah menjadi salah satu faktor utama dalam pemulihan
ekonomi Indonesia. UMKM berperan sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi negara dan
sebagai salah satu sektor utama, UMKM memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan
ekonomi, penciptaan lapangan kerja, peningkatan pendapatan dan pengurangan kemiskinan,
namun dikarenakannya adanya Covid-19 yang melanda di seluruh dunia termasuk di Indonesia
membuat UMKM ikut terdampak. Hal ini juga dibuktikan dengan hasil laporan dari Kementrian
Koperasi dan UMKM yang menyebutkan ada sekitar 37.000 UMKM yang memberikan laporan
bahwa mereka terdampak sangat serius dengan adanya pandemi ini ditandai dengan sekitar 56
persen melaporkan terjadi penurunan penjualan, 22 persen melaporkan permasalahan pada aspek
pembiayaan, 15 persen melaporkan pada masalah distribusi barang, dan 4 persen melaporkan
kesulitan mendapatkan bahan baku mentah. Dengan keterbatasan di atas merupakan permasalahan
yang penting bagi UMKM dalam mengembangkan usahanya. Permasalahan tersebut tidak
mungkin dapat dipecahkan sendiri oleh UMKM. Dibutuhkan bantuan dari pemerintah dan strategi
dalam pemecahan masalah serta pengembangan potensi dengan pendekatan pembinaan.
Kelemahan-kelemahan tersebut harus diatasi dan peran Perguruan Tinggi sebagai lembaga
pendidikan dapat lebih berperan serta membantu mengatasi permasalahan yang ada sehingga
diharapkan para anggota masyarakat atau organisasi dapat terus berperan dalam pertumbuhan dan
pembangunan ekonomi Indonesia. Menyadari akan permasalahan tersebut, kami Dosen Fakultas
Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jakarta adalah salah satu Perguruan Tinggi yang peduli
terhadap lingkungan masyarakat sekitar. merencanakan akan melaksanakan kegiatan pengabdian
kepada masyarakat yang diharapkan mampu menambah Peningkatan Produktivitas Dan Edukasi
Pemanfaatan Sosial Media Bagi UMKM, dimulai dari memperkokoh motivasi, mentalitas
kewirausahaan dan kemandirian, meningkatkan kemampuan dan keterampilan manajerial sampai
pada penguasaan teknologi dengan tujuan meningkatkan produktivitas melalui metode pemasaran
yang tepat sasaran kepada para UMKM. Hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat
menunjukkan umumnya kelompok para UMKM Di Perumahan Benda Baru, Pamulang, Tanggeran
Selatan, Banten memahami, hal ini sesuai dengan target sasaran yang direncanakan adanya target
sasaran di atas 80%.

Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) have a significant impact on a country's
economy, MSMEs have become one of the main factors in Indonesia's economic recovery. MSMEs
act as a driving force for the country's economic growth and as one of the main sectors, MSMEs
make a significant contribution to economic growth, job creation, increasing income and reducing
poverty, but due to Covid-19 which has hit all over the world, including in Indonesia, MSMEs
have also affected. This is also proven by the results of a report from the Ministry of Cooperatives
and MSMEs which stated that there were around 37,000 MSMEs who reported that they were very
seriously affected by this pandemic, marked by around 56 percent reporting a decline in sales, 22
percent reporting problems with the financing aspect, 15 percent reported problems distributing
goods, and 4 percent reported difficulty obtaining raw materials. With the limitations above, this is an important problem for MSMEs in developing their business. It is impossible for MSMEs to
solve these problems themselves. Assistance from the government and strategies in solving
problems and developing potential with a coaching approach are needed. These weaknesses must
be overcome and the role of universities as educational institutions can play a greater role and
help overcome existing problems so that it is hoped that members of society or organizations can
continue to play a role in the growth and development of the Indonesian economy. Aware of this
problem, we, Lecturers at the Faculty of Economics and Business, UPN Veteran Jakarta, are one
of the universities that care about the surrounding community and are planning to carry out
community service activities which are expected to increase productivity and increase education
on the use of social media for MSMEs, starting from strengthening motivation. , entrepreneurial
mentality and independence, improving managerial abilities and skills to mastery of technology
with the aim of increasing productivity through targeted marketing methods to MSMEs. The
results of the implementation of community service show that generally the group of MSMEs in the
Benda Baru Housing Complex, Pamulang, South Tanggeran, Banten understands that this is in
accordance with the planned targets, with targets above 80%

Published
2024-02-22