Optimisasi Kompetensi Pemasaran Digital: Memberdayakan Siswa dan Guru SMK Bakti Jaya untuk Berwirausaha Online

  • Sri Setiawati STIE Manajemen Bisnis Indonesia
  • Elly Siti Nurliyah STIE Manajemen Bisnis Indonesia
  • Amanda Lestari Putri Lubis STIE Manajemen Bisnis Indonesia
  • Muhammad Thantawi Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Farhan Furkonudin
Keywords: Pemasaran Digital, Wirausaha, UMKM, SMK

Abstract

Bukan hanya pemilik UMKM yang memanfaatkan teknologi informasi dasar untuk mempromosikan usahanya dan menarik pelanggan baru. Perdagangan adalah kegiatan usaha jual beli barang untuk mendapatkan keuntungan finansial. Sejumlah orang dapat mendirikan perusahaan. UMKM adalah usaha yang aktif secara ekonomi yang dijalankan secara sendiri-sendiri atau bersama-sama. Pemilik UMKM mengandalkan peluncuran produk yang efektif untuk membangun loyalitas pelanggan dan menghasilkan penjualan. Promosi diperlukan untuk menjaga minat pelanggan untuk membeli. Tujuan periklanan adalah untuk menginformasikan calon pembeli tentang produk atau jasa yang ditawarkan dan merangsang minat mereka dalam mengambil keputusan pembelian. Untuk melakukan promosi, Anda bisa menyebarkan brosur, menggantungkan spanduk di jalan, atau menyewa baliho di jalan dengan penawaran khusus yang tidak murah. Namun strategi ini semakin banyak ditinggalkan dan digantikan oleh periklanan online melalui Facebook Ads, Google Ads, bahkan Instagram Ads. Peran guru dalam proses pembelajaran berbasis produk kewirausahaan sangat penting bagi keberhasilan inisiatif ini. Mengoptimalkan pemasaran digital Anda dapat meningkatkan kesadaran akan program akademik, kegiatan ekstrakurikuler, dan kinerja akademik di SMK

Published
2024-03-01