Pemberdayaan Peserta Didik SMP Sekolah Master Indonesia Depok Dalam Menghadapi Perkembangan Iptek
Abstract
Dalam upaya mewujudkan visi "Indonesia Emas 2045", pemerintah berkomitmen menghadapi dua 
fokus utama, yaitu transformasi digital dan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui 
pendidikan. Kegiatan pengabdian ini mengidentifikasi beberapa tantangan seperti kesenjangan 
ekonomi, dampak negatif teknologi peserta didik, kurangnya edukasi etika dan keagamaan terhadap 
penggunaan teknologi. Kegiatan ini dilaksanakan melibatkan 49 peserta. Sosialisasi Strategi 
Menghadapi Perkembangan IPTEK Peserta didik SMP Master Indonesia proyek yang dilaksanakan 
dengan mengimplementasikan pilar pembangunan manusia dan penguasaan IPTEK, dengan sub tema 
Percepatan Pendidikan Rakyat Indonesia Secara Merata. Bertujuan mempersiapkan peserta didik agar 
mampu beradaptasi dengan transformasi digital. Kegiatan sosialisasi ini berfokus peningkatan 
pendidikan digital yang berkualitas. Kegiatan sosialisasi ini melibatkan pembelajaran interaktif dan 
pengumpulan data, dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif melalui observasi, wawancara, survei. 
Meskipun dihadapkan beberapa hambatan, kegiatan sosialisasi ini berhasil meningkatkan pengetahuan 
peserta didik tentang perkembangan IPTEK, dan pemahaman peran teknologi dalam kehidupan 
masyarakat. Dengan demikian, kegiatan ini merupakan langkah awal untuk generasi muda dalam 
mencapai tujuan transformasi digital, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia
							
							
