Promosi Program Studi Teknik Logistik Universitas Pertamina Melalui Seminar Daring Interaktif yang Melibatkan Alumni
Abstract
Penerimaan mahasiswa baru setiap tahunnya senantiasa memiliki tantangan tersendiri, 
apalagi bagi universitas swasta seperti Universitas Pertamina. Ditambah kondisi dan norma 
baru yang tercipta setelah pandemi Covid-19, pemangku kepentingan di perguruan tinggi 
perlu secara berkelanjutan memastikan masyarakat terutama potential customer mengenal 
dengan baik jasa pendidikan yang ditawarkan sehingga mampu menarik customer riil yaitu 
mahasiswa baru, dalam jumlah yang cukup serta dengan kualitas yang baik. Kompleksitas 
yang dihadapi bertambah pula dengan status Program Studi (Prodi) Teknik Logistik 
Universitas Pertamina yang relatif baru di Indonesia dimana belum banyak perguruan 
tinggi yang membuka prodi yang sama sehingga kesadaran dan pengetahuan masyarakat 
akan dunia logistik dan rantai pasok, belum semasif prodi-prodi lain yang sudah mapan. 
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan 
prodi Teknik Logistik, melalui penyelenggaran seminar daring dengan mengundang 
potential customer yaitu siswa-siswi SMA/SMK dan sederajat se-Indonesia. Untuk 
menambah pendalaman diseminasi materi, keterlibatan alumni yang menjadi salah satu 
wajah prodi, juga dilakukan. Dari feedback survey yang didistribusikan, diketahui bahwa 
sebagian besar peserta bertambah pemahamannya mengenai dunia logistik khususnya yang 
ditawarkan di Universitas Pertamina, beserta peluang kerja lulusannya.
							
							
