Mendorong Kesuksesan Transformasi Digital UMKM ADZ Craft Melalui Harmonisasi Digital (Digital Marketing, Adopsi Teknologi Digital, Literasi Digital, Kapabilitas Digital)
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) harus mengadopsi teknologi digital untuk bertahan 
dalam persaingan pasar di era digitalisasi yang cepat ini. Khususnya, UMKM ADZ Craft 
menghadapi tantangan besar dalam meningkatkan kemampuan digital mereka dan 
mengintegrasikan teknologi dalam berbagai bidang seperti digital marketing, adopsi teknologi, 
literasi digital, dan peningkatan kemampuan digital. Meskipun ada bantuan dari pemerintah dan 
teknologi, tidak cukup pengetahuan untuk menerapkannya dengan baik. Untuk memberikan 
penjelasan lebih lanjut, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analitis dengan 
pendekatan kolaboratif dan partisipatif, yang melibatkan observasi lapangan, wawancara 
mendalam, dan fokus kelompok fokus (FGD). Hasil menunjukkan bahwa ada peningkatan besar 
dalam jangkauan pasar, pengetahuan merek, dan efisiensi operasional setelah pelatihan. Ini 
menunjukkan bahwa strategi digital yang terintegrasi sangat penting. Selain itu, kemampuan 
karyawan untuk menggunakan teknologi meningkat, yang menunjukkan betapa efektifnya 
pelatihan literasi digital. Dengan demikian, meningkatkan kemampuan digital UMKM dapat 
meningkatkan kinerja bisnis dan meningkatkan keberlanjutan ekonomi digital. Kegiatan PKM dan 
penelitian ini menunjukkan bahwa program pembinaan yang dimaksudkan untuk meningkatkan 
adopsi teknologi oleh UMKM sangat diperlukan.
							
							
