Membangun Wisata Berkelanjutan melalui Pelayanan Masyarakat Yang Responsif dan Ramah didesa wisata Lebak Muncang Ciwidey- Kabupaten Bandung -Jawa Barat

  • Santi Octavia STIE-Manajemen Bisnis Indonesia
  • Amanda Lestari PL STIE-Manajemen Bisnis Indonesia
  • Sri Setiawati STIE-Manajemen Bisnis Indonesia
  • Aghnia Wulandari STIE-Manajemen Bisnis Indonesia
  • Puji Rahayu Universitas Mercu Buana- Jakarta
Keywords: Wisata berkelanjutan, pelayanan, responsif dan ramah

Abstract

Program Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Kolaborasi ini bertujuan untuk membantu mitra yaitu usaha Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis) dan Masyarakat Desa Wisata Lebak Muncang – Ciwidey Kabupaten Bandung dalam upaya Membangun Wisata Berkelanjutan melalui Pelayanan Masyarakat yang responsif dan ramah. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan warga sekitar dalam meningkatkan pelayanan melalui potensi wisata sehingga Desa Lebak Muncang dapat berkembang menjadi desa wisata yang responsif dan ramah terhadap para wisatawan . Metode yang digunakan antara lain pelatihan dan pendampingan yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan seperti perangkat desa, pelaku usaha lokal, dan masyarakat umum. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan warga dalam pemasaran, pelayanan, pengelolaan fasilitas, dan pengembangan produk pariwisata. Selain itu, program tersebut berhasil menumbuhkan kolaborasi yang lebih baik antara masyarakat dan pihak terkait dalam pengembangan desa wisata. Dengan demikian, Desa Lebak Muncang diharapkan menjadi destinasi wisata yang lebih menarik dan kompetitif serta berkelanjutan , sehingga pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Published
2024-11-01