Identifikasi Komponen-komponen Bisnis Model dan Reputasi Berbasis Manajemen Risiko Danau Cipondoh Tangerang di PKBM Cipta Cendikia Cipondoh Tangerang
Abstract
Tujuan PKM ini adalah mengidentifikasi komponen-komponen bisnis model dan reputasi berbasis manajemen risiko ekowisata Danau Cipondoh. Metode PKM dengan ceramah dan menggunakan perangkat papan tulis dan proyektor. PKM ini dihadiri oleh 20 warga PKBM paket B dengan narasumber Iman Lubis, S.E., M.S.M., Joko Prasetiyo. S.Pd., M.Pd. dan Prama Indra Ishwara, S.E., M.M. Pembahasan model bisnis terbagi atas 4 dimensi yaitu customer, resource, offering, dan resilience. Sedangkan komponen reputasi terbagi atas aktivitas, standar, etika, dan kapabilitas. Pentingnya model bisnis dan reputasi untuk ketahanan usaha membuat PKM ini menjadi lebih jelas tujuannya. Selain itu, strategi diversifikasi pendapatan, keterlibatan komunitas lokal dan pengelolaan risiko sangat penting diedukasi untuk meningkatkan kesadaran akan kelanjutan dari ekowisata Danau Cipondoh. Beberapa masukan dari narasumber ke warga PKBM paket B adalah perlunya penguatan manajemen risiko, inovasi dalam aktivitas wisata, peningkatan infrastruktur, kolaborasi strategis dan peningkatan pemasaran lewat media sosial, platform e-commerce dan kampanye kesadaran lingkungan