Penguatan Nilai-Nilai Multikulturalisme: Strategi Efektif Meningkatkan Toleransi dan Mencegah Konflik Sosial di Kalangan Siswa SMA MBS Zam-Zam Cilongok, Banyumas

  • Shinta Julianti Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto
  • Puri Septiana Nursetiyawati Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto
  • Wiman Rizkidarajat Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto
Keywords: Multikulturalisme, Toleransi, Konflik Sosial, Sosialisasi, Siswa sekolah Menengah Atas

Abstract

Indonesia memiliki banyak suku, agama, ras, dan budaya yang beragam.  Jika tidak dikelola dengan baik, keragaman ini dapat menyebabkan konflik sosial, terutama di kalangan generasi muda.  Kegiatan pengabdian masyarakat melalui program sosialisasi penguatan nilai-nilai multikulturalisme dan toleransi bertujuan meningkatkan kesadaran multikulturalisme dan mengurangi kemungkinan konflik sosial di kalangan siswa sekolah menengah atas, khususnya dalam kegiatan ini yang menjadi sasaran yaitu siswa SMA MBS Zam-Zam Cilongok, Banyumas.  Kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan pendekatan partisipatif, yang melibatkan siswa dalam kegiatan sosialisasi dan diskusi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa program sosialisasi efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang multikulturalisme, meningkatkan toleransi, dan mengurangi kemungkinan konflik sosial.  Maka dari itu, pendidikan multikultural sangat penting untuk membangun generasi muda yang inklusif dan harmonis.

Published
2025-03-03