Workshop Design Thinking Project Based Strategi Komunikasi Pemasaran

  • Dominica Arni Widyastuti Universitas Bakrie, Jakarta
  • Raden Aryo Febrian Universitas Bakrie, Jakarta
  • Adrian Arditiar Universitas Bakrie, Jakarta
  • Siti Mardiyah dominica.widyastuti@bakrie.ac.id
  • Vira Hasna Arianti Universitas Bakrie, Jakarta
Keywords: Entrepreneur, Design Thinking, Workshop, Komunikasi Pemasaran

Abstract

Workshop Project Based Design Thinking dengan aspek strategi komunikasi dan pemasaran telah dilakukan. Berawal dari penerapan Pembelajaran menggunakan PBDT dengan para guru dari MGMP mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di wilayah Jakarta beserta siswa SMA / Sederajat, mereka mulai memahami mengenai proses berpikir dalam memecahkan suatu permasalahan dengan menggunakan Design Thinking. Workshop Project Based Design Thinking ini, terdiri dari 3 sesi, dimana sesi pertama berupa pemaparan mengenai industri kendaraan listrik secara umum dari perusahaan mitra. Pada sesi kedua berupa pemaparan konsep mengenai komunikasi pemasaran, selanjutnya pada sesi terakhir berupa latihan dalam menerapkan Design Thinking. Dari hasil kegiatan ini peserta dari MGMP Kewirausahaan dapat memahami penerapan design thinking, khususnya pada strategi komunikasi pemasaran. Peserta menjadi lebih memahami mengenai industri kendaraan listrik dan bagaimana mereka dapat ide dalam membuat strategi komunikasi pemasaran. Dari hasil kegiatan ini, telah diwujudkan kerjasama yang bersinergi dengan mitra yaitu perusahaan penghasil motor listrik, dimana dengan metode Design Thinking dapat ditemukan beberapa temuan isu baru yang ada pada benak masyarakat. Pertemuan antar dua pihak antara para peserta pelatihan dari MGMP SMA dan industri memberi banyak masukan mengenai isu terbaru, dan pada akhirnya peserta dapat memberikan masukan mengenai ide baru mengenai komunikasi pemasaran yang tepat sasaran pada target pasar dari perusahaan tersebut. Berdasarkan hasil kegiatan ini, disarankan agar pelatihan yang berkaitan dengan Design Thinking Project Based Komunikasi Pemasaran dapat lebih sering dilakukan dan lebih mengembangkan kembali mengenai materi yang akan diberikan untuk pemahaman yang lebih mendalam.

Published
2025-03-03