MENGENALI SOAL-SOAL READING COMPREHENSION BEREKUIVALENSI TOEFL DAN STRATEGI MENGERJAKANNYA

  • Tri Agustini Solihati
  • Pipit Prihartanti Suharto
Keywords: reading comprehension, berekuivalensi TOEFL, siswa SMA

Abstract

Berpijak pada kegiatan pengabdian masyarakat yang sudah diselenggarakan sebelumnya (listening
dan structure and written expression), kegiatan ini merupakan rangkaian akhir kegiatan sebagai upaya
penyempurnaan pemahaman siswa SMA di Desa Linggaraja Kabupaten Tasikmalaya terhadap tes TOEFL.
Kegiatan ini dikemas dalam bentuk pelatihan dengan beragam kegiatan di dalamnya. Hal itu meliputi pretest,
ceramah, diskusi, latihan, post-test, dan refleksi kegiatan. Perbandingan rata-rata jumlah jawaban yang
benar dai 50 butir soal yang disediakan adalah 15:25. Artinya ada peningkatan rata-rata nilai yang diperoleh,
perbandingannya sebesar 30:50. Secara implementasi materi masih cenderung sulit, karena kendala terbesar
sebetulnya adalah penguasaan kosakata. Namun jika dirasakan dari seluruh rangkaian kegiatan ceramah,
diskusi, dan latihan seluruh peserta sudah menunjukkan upaya yang sangat optimal. Pada penggalian
refleksi kegiatan seluruh peserta menyatakaan kegiatan ini bermanfaat, mampu mengingat materi yang
diajarkan, dan sudah memahami teknik apa yang seharusnya dilakukan ketika mengerjakan soal reading
comprehension.

Published
2019-11-12