Pelatihan Tik Nasional Bagi Disabilitas (Pengenalan Content Creator)
Abstract
Kesenjangan akses dan kesempatan disebabkan oleh fakta bahwa pengembangan TIK dan potensi ekonomi kreatif belum sepenuhnya inklusif terhadap kebutuhan penyandang disabilitas. Tujuan dari program TIK Nasional untuk Disabilitas ini adalah untuk membantu penyandang disabilitas memahami pentingnya produksi konten agar mereka dapat berpartisipasi aktif dalam ekonomi digital. Menggunakan pendekatan pembelajaran campuran dengan enam sesi daring langsung dan sebelas sesi pembelajaran tatap muka, penelitian ini melibatkan 884 siswa dari berbagai jenis disabilitas di Wilayah 1, termasuk 15 siswa dengan disabilitas Tuli di Kelas R1 PG CC B5. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman peserta disabilitas Tuli tentang konsep pembuat konten dan kemampuan mereka dalam menghasilkan ide konten. Dinyatakan bahwa pelatihan yang inklusif dan adaptif sangat efektif dalam membantu penyandang disabilitas berpartisipasi dalam TIK.