Inovasi Pembelajaran dengan Buku Sentuh Berbasis QR Code dan Audio di SLB Yayasan Asih Budi

  • Saruni Dwiasnati Universitas Mercu Buana
  • Kurnia Gusti Ayu Universitas Mercu Buana
  • Suzan Bernadetha Universitas Mercu Buana
  • Ardy Triwibowo Universitas Mercu Buana
  • Bagus Budi Darmawan Universitas Mercu Buana
  • Muhammad Arya Hafsah Nurfiant Universitas Mercu Buana
  • Ana Maria Ildiberta Da Costa Martins Universitas Mercu Buana
  • Medina Fibriyanti Akmal Universitas Mercu Buana
Keywords: Buku Tactile, Media Pembelajaran, SLB Yayasan Asih Budi, QR Code

Abstract

Pendidikan inklusif menuntut adanya inovasi media pembelajaran yang dapat mengakomodasi kebutuhan anak berkebutuhan khusus, terutama di Sekolah Luar Biasa (SLB). Salah satu permasalahan yang sering dihadapi adalah keterbatasan media ajar konvensional yang kurang interaktif dan tidak mampu memberikan pengalaman belajar multisensori. Penelitian/pengabdian ini bertujuan untuk menghadirkan solusi berupa Buku Sentuh (Tactile Book) berbasis QR Code dan Audio sebagai media pembelajaran inovatif di SLB Yayasan Asih Budi. Metode yang digunakan meliputi tahapan sosialisasi, survei kebutuhan, pelatihan guru, siswa, dan ulaka dalam mengimplementasi media, hingga evaluasi. Buku Sentuh dirancang dengan tekstur timbul yang dapat diraba serta dilengkapi dengan QR Code yang terhubung ke audio penjelasan materi. Media ini memberikan pengalaman belajar yang menggabungkan aspek visual, taktil, dan auditori sehingga lebih mudah diakses oleh siswa dengan hambatan penglihatan maupun keterbatasan kognitif. Hasil implementasi menunjukkan bahwa Buku Sentuh berbasis QR Code dan Audio mampu meningkatkan keterlibatan, motivasi, serta pemahaman siswa terhadap materi. Guru menyatakan terbantu dengan adanya media ini sebagai alternatif inovatif dalam proses pembelajaran, sementara siswa lebih aktif, fokus, dan antusias. Evaluasi program memperlihatkan bahwa inovasi ini efektif sebagai media pembelajaran inklusif sekaligus mendukung upaya transformasi pendidikan di SLB

Published
2025-11-03