Pemberdayaan Remaja Karang Taruna "SASAKA" Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pariwisata di Desa Patengan Kecamatan Rancabali Jawa Barat

  • Nafisah Yuliani Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • I Gede Agus Suwartane Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Sularso Budilaksono Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: Pemberdayaan, Karang Taruna, Kualitas Layanan Pariwisata Desa

Abstract

Remaja Karang Taruna memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas layanan
pariwisata di Desa Patengan Keterlibatan remaja memberikan dampak positif terhadap inovasi
layanan dan kepuasan wisatawan. Faktor pendukung utama adalah antusiasme remaja dan potensi
wisata, sedangkan penghambat utama adalah keterbatasan kapasitas dan modal. Keberhasian
pelatihan layanan pelanggan di Desa Wisata Patengan yaitu Peningkatan pengetahuan pre test
(21,4% menyatakan sangat baik) dan post test (78,6% menyatakan pemahaman meningkat baik
setelah mengikuti pelatihan), Peningkatan ketrampilan pre test (35,7% menyatakan sering
melakukan promosi desa) dan post test (42,9% menyatakan menerapkan keterampilan
berkomunikasi yang baik, termasuk cara mendengarkan, berbicara dengan sopan, dan berinteraksi
dengan pelanggan, empati dalam pelayanan pelanggan), Sikap terhadap pelatihan pre test (64,3%
peserta pelatihan menyatakan setuju bahwa pelatihan dapat meningkatkan ketrampilan diri) dan post
test (71,4% peserta menyatakan puas dengan materi yang diberikan yang ditunjukkan dengan
peningkatan keterampilan dengan baik). Implementasi kegiatan PKM menunjukkan peningkatan
kualitas layanan yang ditunjukkan peningkatan yang signifikan dalam cara mereka berinteraksi
dengan wisatawan. Mereka lebih percaya diri dalam memberikan informasi dan menjawab
pertanyaan, program pelatihan tidak hanya meningkatkan keterampilan layanan pelanggan tetapi
juga memberdayakan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan pariwisata desa

Published
2026-07-01