Literasi Pemasaran Digital Mendorong Petani Go Online
Abstract
Desa Margaluyu Kabupaten Bandung yang masyarakatnya sangat menggantungkan hidupnya pada
sektor pertanian, yaitu sayuran dan buah-buahan. Selama ini menjual hasil pertanian kepada para
tengkulak yang memberikan harga masih jauh dari harga di pasaran. Adapun salah satu tujuan dari
pengabdian masyarakat yang diselenggarakan para dosen dari Universitas Persada Indonesia YAI
adalah mengenalkan pemasaran online untuk memangkas rantai pasok pemasaran sayuran dan
buah-buahan. Metode yang dilakukan adalah sosialisasi dan pengenalan tentang pemasaran online,
sarana yang diperlukan, sosialisasi tentang manfaat pengemasan, dan pengolahan hasil pertanian
menjadi produk yang memiliki nilai tambah ekonomi. Pengabdian diselenggarakan selama 2 hari.
Hari pertama dihadiri oleh petani sebanyak 15 orang atau 25 persen dari target 60 petani yang kita
undang. Hari kedua, tim pengabdian mengunjungi langsung para petani dan mengadakan
wawancara tentang pertanian dan hasil pertanian. Berdasarkan hasil diskusi dan wawancara,
tampaknya para petani masih banyak yang tidak memanfaatkan atau menggunakan handphone.
Namun, anak-anak dari para petani tersebut sudah cukup familiar menggunakan handphone dan
media social.
Kata kunci : Literasi digital, pemasaran digital, pertanian, nilai tambah
 
							


 
  
  
 
  
  
