Peningkatan Literasi Siswa Melalui Pemanfaatan Aplikasi Artificial Intelligence
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa Sekolah
Menengah Atas (SMA) melalui pelatihan pemanfaatan aplikasi Artificial Intelligence (AI). Literasi
yang dikembangkan mencakup kemampuan membaca, menulis, serta berpikir kritis dan digital.
Kegiatan dilaksanakan di SMA YAPEMRI dengan merode pendekatan observasi, pendekatan
pelatihan, pendampingan dan evaluasi. Adapun pendekatan pelatihan melibatkan penggunaan
aplikasi seperti ChatCPT, Grammarly, Quillbot. Sebelum mengikuti pelatihan, rata-rata skor
pretest siswa adalah 1,13 dari total 5 soal. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman awal siswa
terhadap konsep literasi digital dan pemanfaatan aplikasi Artificial Intelligence (AI) masih rendah
dan Setelah pelatihan, rata-rata skor posttest meningkat menjadi 3,47 dari total 5 soal. Ini
menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa setelah mendapatkan
pelatihan penggunaan aplikasi AI untuk mendukung literasi. Meskipun masih terdapat tantangan
seperti keterbatasan infastruktur dan perangkat yang minim, kegiatan ini berhasil menumbuhkan
semangat belajar mandiri dan kesadaran literasi digital.
Kata kunci : literasi siswa, kecerdasan buatan, pelatihan, pengabdian masyarakat, SMA .

