Pendampingan Desain Renovasi Sekolah untuk Menciptakan Lingkungan Belajar Kondusif di SDN 4 Dago, Parung Panjang

  • Anisza Ratnasari Universitas Pradita
  • Nadia Diandra Universitas Pradita
  • Hanugrah Adhi Buwono Universitas Pradita
  • Abdullah Hibrawan Universitas Pradita
  • Mulyadi Sugih Dharsono Universitas Pradita
  • Felice Cynthia Rosli Universitas Pradita
  • Daria Aricela Susanto Universitas Pradita
Keywords: Lingkungan belajar kondusif, pemberdayaan masyarakat, Program Hasil Terbaik Cepat (PHTC), renovasi sekolah, sinergi institusi pendidikan dan swasta

Abstract

Keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan pada banyak sekolah dasar di Kabupaten Bogor,
termasuk SDN 4 Dago Parung Panjang, menjadi penghambat terciptanya lingkungan belajar yang
nyaman dan kondusif. Kondisi fisik sekolah yang tidak memadai, seperti dinding, plafon, dan
tembok ruang kelas maupun ruang guru yang rusak, sarana sanitasi dan drainase yang tidak layak,
serta kondisi eksterior dan bangunan yang tidak terawat merupakan urgensi utama yang
membutuhkan penanganan segera. Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk
merevitalisasi lingkungan sekolah melalui kegiatan renovasi fisik bangunan, dimana kegiatan ini
sejalan dengan salah satu Program Hasil Terbaik Cepat (PHTC) yang dicanangkan pemerintah.
Disisi lain, kegiatan ini juga bertujuan membangun sinergi strategis akademisi, masyarakat
setempat, dan swasta. Kegiatan yang dilaksanakan pada Juli-September 2025 ini dilakukan melalui
kolaborasi peran yang jelas. Akademisi dari Program Studi Arsitektur Universitas Pradita bertugas
melakukan observasi awal dan pendampingan desain renovasi fisik bangunan. PT. SA selaku mitra
swasta bertanggung jawab atas pelaksanaan inti pekerjaan renovasi dan pengawasan pekerjaan
konstruksi. Sementara guru, karyawan, serta anak didik terlibat aktif dalam mendukung berbagai
pekerjaan renovasi lainnya. Hasil yang dicapai antara lain perbaikan menyeluruh plafon ruang,
pengecatan semua tembok, kusen, dan furnitur, membangun sarana sanitasi dan drainase baru,
membongkar dan membangun baru pintu gerbang sekolah, serta pekerjaan betonisasi halaman
sekolah. Kegiatan renovasi fisik bangunan sekolah ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan
belajar yang lebih layak dan layak, memotivasi siswa dan guru untuk melakukan kegiatan belajar
mengajar, serta menjadi model percontohan kolaborasi multipihak untuk untuk meningkatkan
kualitas fisik sarana pendidikan.
Kata kunci : Lingkungan belajar kondusif, pemberdayaan masyarakat, Program Hasil
Terbaik Cepat (PHTC), renovasi sekolah, sinergi institusi pendidikan dan swasta.

Published
2025-11-01