pengaruh kualitas produk, harga produk, dan brand image terhadap keputusan pembelian melalui brand ambassador pada produk skincare cosrx di marketplace shopee official store cosrx (studi kasus pada konsumen cosrx di wilayah summarecon bekasi)

  • Dennisa Maharani Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Endri Sentosa Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Ruwaida Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Abdullah Muksin Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: Kualitas Produk, Harga Produk, Brand Image, Keputusan Pembelian dan Brand Ambassador

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga produk, dan brand image terhadap
keputusan pembelianmelalui peran brand ambassador pada produk skincare COSRX dimarketplace Shopee Official
Store COSRX, dengan studi kasus pada konsumen di wilayah Summarecon Bekasi. Pendekatan yang digunakan adalah
kuantitatif dengan metode deskriptif, dan data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden.
Analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS versi
3.0.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand
ambassador maupun terhadap keputusan pembelian secara langsung. Harga produk berpengaruh terhadap brand
ambassador, namun tidak berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian. Sementara itu, brand image terbukti
memiliki pengaruh terhadap brand ambassador dan juga secara langsung berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Selain itu, brand ambassador berperan dalam memengaruhi keputusan konsumen dalammelakukan pembelian produk
COSRX.Nilai R-Square Adjusted pada variabel brand ambassador sebesar 73,0%, yang berarti variabilitas brand
ambassador dapat dijelaskan oleh kualitas produk dan brand image secara kuat. Sedangkan nilai R-Square Adjusted
pada variabel keputusan pembelian sebesar 75,1%, menunjukkan bahwa keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh
brand ambassador, kualitas produk, dan brand image dengan tingkat prediksi yang juga kuat. Dengan demikian, model
penelitian ini memiliki kemampuan prediktif yang sangat baik dalammenjelaskan pengaruh konstruk terhadap brand
ambassador dan keputusan pembelian.
Kata kunci : Kualitas Produk, Harga Produk, Brand Image, Keputusan Pembelian danBrand Ambassador

Published
2026-03-01