STRATEGI VIDEO CONTENT MARKETING DENGAN MENGGUNAKAN TENAGA MEKANIK SEBAGAI KEY OPINION LEADER

  • Muhammad Zakky Azhari
Keywords: Video Content Marketing, Key Opinion Leader

Abstract

Pasar pelumas kendaraan di Indonesia memiliki potensi yang mencapai 10 triliun rupiah per
tahun. Pertamina Lubricants telah menguasai 50% pangsa pasar dan berusaha untuk
meningkatkannya. Jumlah pengguna internet yang mencapai lebih dari 130 juta pengguna
memberikan peluan untuk strategi digital bagi Pertamina Lubricants untuk menaikkan pangsa
pasar. Dalam proses pengambilan keputusan pembelian pelumas kendaraan, media digital
berperan penting terutama dalam pencarian informasi dan evaluasi alternatif pilihan. Peran tenaga
mekanik sangat penting dalam mempengaruhi keputusan konsumen oli. Inisiatif digital yang telah
dilakukan Pertamina Lubricants saat ini masih belum memaksimalkan strategi inbound marketing.
Strategi video content marketing dengan menggunakan tenaga mekanik sebagai key opoinion
leader (KOL) akan memberikan pull factor bagi konsumen oli. Aplikasi OTIVO (Online
Automotive Video) mengintegrasikan stategi digital dengan sistem insentif untuk tenaga mekanik,
konsumen dan pelanggan korporat sehingga akan dapat meningkatkan engagement konsumen dan
juga loyalitas pelanggan Pertamina Lubricants.

Published
2019-11-13