Revitalisasi Kualitas Pembelajaran di TPA Salimah Melalui Pemberdayaan Berbasis Sanitasi, Sarana Edukatif, dan Literasi Religius
Abstract
Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Salimah di Desa Bantan menghadapi tantangan
signifikan yang menghambat kualitas pembelajaran. Permasalahan utama yang
teridentifikasi adalah (1) ketiadaan fasilitas sanitasi yang layak dan akses air bersih, (2)
ruang belajar yang tidak kondusif, dan (3) minimnya sarana edukatif serta bahan ajar
literasi religius yang inovatif. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini
bertujuan untuk merevitalisasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran di TPA Salimah
melalui pemberdayaan berbasis tiga pilar: sanitasi, sarana edukatif, dan literasi religius.
Kegiatan dilaksanakan dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR) melalui
empat tahapan: (1) Analisis kebutuhan dan koordinasi, (2) Rehabilitasi fisik (toilet, ruang
belajar), (3) Edukasi (PHBS), penyusunan modul, dan pelatihan tutor, serta (4) Serah terima
sarana dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan penyelesaian 100% masalah sanitasi
dengan terbangunnya toilet baru yang higienis dan tandon air. Ruang belajar menjadi lebih
nyaman, dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) telah diterapkan oleh anak. Selain itu,
telah dihasilkan Modul Literasi Qurani Anak yang inovatif, peningkatan kompetensi
pedagogik tutor, serta ketersediaan buku-buku literasi dan rak buku. Program ini berhasil
mentransformasi lingkungan TPA Salimah menjadi lebih sehat, nyaman, dan kaya secara
edukatif, yang secara langsung mendukung peningkatan kualitas pembelajaran anak.

