DESIGN THINKING SEBAGAI POLA PIKIR: MENCIPTAKAN GENERASI PRODUKTIF DAN BERKARAKTER MELALUI PENDIDIKAN NON-FORMAL DI RUMAH GEMILANG INDONESIA (RGI)

  • Ana Kuswanti Universitas Pembangunan Nasional Vetaran Jakarta
  • Radita Gora Tayibnapis Universitas Pembangunan Nasional Vetaran Jakarta
  • Mohamad Ghozali Moenawar Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Ridwan Ridwan Universitas Pembangunan Nasional Vetaran Jakarta

Abstract

Tingginya Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di kalangan pemuda, sebagaimana data BPS per Februari 2024, menyoroti adanya kesenjangan antara keterampilan lulusan dan kebutuhan pasar akan inovasi dan pola pikir penyelesaian masalah yang adaptif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menginternalisasi Design Thinking (DT) as a Mindset pada 50 peserta Rumah Gemilang Indonesia (RGI), sebuah lembaga pendidikan non-formal yang berfokus pada pelatihan keterampilan unggul dan penguatan karakter. Pendekatan DT, yang berakar pada Creative Thinking dan berpusat pada pengguna (user-centered), diyakini mampu melahirkan generasi produktif yang inovatif. Metode pelaksanaan melibatkan penyampaian materi, diskusi reflektif tentang empati, serta simulasi proses Double Diamond. Hasil evaluasi kuantitatif menggunakan pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan. Skor total rata-rata peserta meningkat sebesar 200% (dari 2.8 menjadi 8.4 dari total skor 10), dengan peningkatan tertinggi pada pemahaman Proses Double Diamond (276.2%). Peningkatan ini membuktikan bahwa intervensi berhasil menanamkan fondasi kognitif untuk memprioritaskan solusi yang berpusat pada pengguna, iteratif, dan berorientasi hasil. Dengan demikian, Design Thinking efektif sebagai pola pikir strategis untuk membentuk pemuda RGI yang tidak hanya terampil, tetapi juga berkarakter, inovatif, dan mampu menciptakan solusi yang relevan dan berkelanjutan bagi masyarakat.

Published
2025-11-30