PKM di Komunitas Disabilitas Tuli Alumni Dena Upakara dan Don Bosco untuk Pengembangan Pemasaran Digital

  • Alexander Beny Pramudyanto
  • Rifka Ade Osinta Sibarani
  • Joseph Eric Samodra
Keywords: komunitas difabel, sosial media, pemasaran digital

Abstract

Penyandang disabilitas merupakan masyarakat rentan miskin. Diskriminasi,
sedikitnya peluang pekerjaan formal, serta stigma negatif dari masyarakat
menjadikan kelompok masyarakat penyandang disabilitas menjadi bagian dari
lingkaran kemiskinan di indonesia. Dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM)
ini, tim menjalin kerja sama dengan salah satu komunitas penyandang disabilitas
Komunitas Alumni Dena Upakara dan Don Bosco (ADECO) wilayah kota
Yogyakarta, yang membutuhkan dampingan untuk memasarkan produk serta jasa
yang mereka tawarkan melalui pemasaran digital. Untuk meningkatkan
kesejahteraan ekonomi penyandang disabilitas, pemerintah dan pemangku
kepentingan perlu mengembangkan strategi program pendampingan masyarakat
agar tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat penyandang disabilitas. Salah
satu program pengembangan ekonomi masyarakat yang bisa dilakukan adalah
melalui pendekatan pengembangan digital. Menurut Bank Dunia (2016) digitalisasi
membawa dampak yang penting bagi peningkatan kualitas ekonomi bagi
penyandang disabilitas, terutama dengan adanya akses internet dan pemanfaatan
media sosial untuk keperluan bisnis. Hasil dari kegiatan PKM ini antara lain
meliputi peningkatan kemampuan dasar serta strategi pemanfaatan teknologi digital
untuk pemasaran produk kerajinan tangan komunitas. Selain itu, luaran dari
program ini berupa merek untuk produk kerajinan tangan komunitas disabilitas tuli.

Published
2019-11-13