Pelatihan Aplikasi Mobile Ios Menggunakan Pemrograman Swift Dalam Membentuk Kompetensi Diri Bagi Siswa Smkn 34 Jakarta

  • Nafisah Yuliani
  • Yunita Sari
Keywords: Pelatihan, Aplikasi IOS, Pemograman Swift, Kompetensi Siswa

Abstract

Potensi  pengembangan  kompetensi  pada siswa  masih belum optimal. Maka diperlukan pelatihan agar menunjang kemampuan dan ketrampilan siswa dimasa yang akan datang. Tujuan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk mengetahui dampak pelatihan terhadap pembentukan kompetensi diri SMKN 34 Jakarta. melalui pelatihan aplikasi mobile IOS menggunakan pemrograman SWIFT. Variabel yang digunakan  adalah pengetahuan, ketrampilan, konsep diri, karakteristik pribadi, motivasi. Data diperoleh melalui kuisioner pre test dan post test yang dibagikan kepada siswa. Hasil menunjukkan terjadinya skor pengetahuan meningkat setelah adanya pelatihan. Dengan bertambahnya pengetahuan akan meningkatkan efisiensi, waktu, tenaga dalam penyelesaian pekerjaan. Siswa yang mempunyai pengetahuan terbatas, akan tersendat-sendat dalam penyelesaian pekerjaan dan itu mengakibatkan terjadinya pemborosan waktu, biaya dan tenaga. skor ketrampilan meningkat setelah adanya pelatihan. Dengan meningkatnya ketrampilan, maka memperbaiki atau meningkatkan hasil pekerjaan atau menghindari timbulnya masalah atau menciptakan peluang baru. Skor konsep diri menunjukkan hasil yang tidak berbeda jauh dengan sebelum pelatihan bagi siswa. Skor ini menurun karena para siswa masih fokus untuk mengembangkan diri sendiri, belum bisa meningkatkan perannya di hadapan siswa lain. Namun peran ini bisa ditingkatkan dengan adanya pelatihan- pelatihan yang terus menerus dilakukan terhadap siswa sehingga siswa mahir ketrampilannya dan bisa sharing ilmu dengan siswa lain. Hasil  skor karakteristik pribadi dan skor motivasi setelah adanya pelatihan tidak memberikan efek positif bagi siswa. Hal ini disebabkan, pelatihan belum memberikan dampak perubahan siswa dalam hal siswa. Siswa belum siap menghadapi tantangan perubahan zaman dengan adanya pemakaian aplikasi IOS dengan bahasa pemrograman swift. Karena siswa selama di sekolah memakai program  berbasis android. Makanya pelatihan aplikasi IOS dengan bahasa pemrograman swift ini adalah materi yang baru bagi siswa sehingga siswa belum siap dalam perubahan teknologi ini. Tetapi skor Organizational commitment meningkat. Hal ini menunjukkan adanya kebutuhan dan keinginan siswa untuk mempelajari lebih dalam aplikasi IOS dengan bahasa pemrograman swift.

Published
2019-11-15